Tuesday, March 29, 2011

Thomas the Tank Engine Cake for Genio's 4th Birthday

Ketika Pak Handoko menghubungi Dapur Solia untuk memesan cake Thomas the Tank Engine, aku langsung jingkrak-jingkrak. Dalam hati aku berkata "terkabul, terkabul." Kok segitu hebohnya? Iya, karena beberapa waktu sebelumnya aku berdoa, "Tuhan, mudah2an suatu hari aku dapat orderan Thomas." Lha kok terkabul dalam waktu tidak terlalu lama.
Thomas the Tank Engine

Base cake dibuat dari brownies kukus coklat. Iseng aku mengganti mesyes dengan buttercream mocca hasil sharing Mbak Novita Dewi. Wuaaaaa, lha kok jadi jawuhhh lebih enak. Hubby aja sampai asyik mencuili sisa kue hasil trimming.

Yang tidak terduga adalah waktu kerja yang jadi molorrrrr banget. Start kerja subuh, baru selesai jam 2 siang! Ampun. Banyak hal yang tidak terduga. Wajah Thomas saja harus aku rombak sampai 3 kali.

Thomas the Tank Engine

Karena deal order dilakukan jauh2 hari, aku memiliki waktu cukup untuk belanja pernak pernik. Lilin ini buatan Baker's Craft. Kualitasnya sangat bagus, sebanding dengan harganya.
Thomas the Tank Engine

Kotaknya pun hanya the one and only, aku bikin khusus untuk desain cake Thomas ini.

Thomas the Tank Engine

Ketika diantar, hujan deras dan petir sedang melanda Probolinggo. Wahh, heboh deh pokoknya. Tapi semua rasa capek dan payah terhapus melihat senyum Pak Handoko ketika menerima cake ini.
Thomas the Tank Engine

Happy 4th Birthday ya, Genio!

Komen dari kastamer:
Dear Ibu Shirley,Terima kasih atas kue tartnya. Anak saya suka sekali.. Sampai2 hingga hari ini kue tsb ga boleh dipotong. Tp sayang, PLN mengacaukan kesenangan anak saya, gara mati lampu 24 jam lebih, kue tsb meleleh sehingga dia nangis dan minta dibelikan lagi. Hehehehe....Sekali lagi saya dan keluarga mengucapkan banyak terima kasih. Mudah2an dapur solia makin sukses.Salam

Paiton, 29 Maret 2011

Upin-Ipin Birthday Cake for Fathara

Kastamer ini menemukan Dapur Solia dari blogwalking. Permintaannya: cake Upin-Ipin untuk si kecil dan dikirim ke Pasuruan.
Upin-Ipin Birthday Cake

Base cakenya sponge cake coklat yang diberi simple syrup. Ide diambil dari buku matematika SD yang menggunakan gambar Upin-Ipin sebagai covernya. Salah satu kesulitan dari cake ini adalah menerjemahkan gambar Upin-Ipin yang memiliki efek 3D dan gradasi warna menjadi bentuk dua dimensi.
Upin-Ipin Birthday Cake
Upin-Ipin Birthday Cake

Ketika negosiasi pemesanan, aku sempat ragu-ragu karena tidak yakin bisa mengantar pada hari yang diminta. Namun seorang senior di bidang kuliner pernah menasihati kalau bakul yang baik tidak boleh menolak order. Jika ada tantangan, maka itu adalah tantangan bagi kita untuk kreatif mencari jalan keluar (dalam hal ini packaging dan sarana pengangkutan). Akhirnya kutawarkan untuk mengirim via travel dan Mbak Aulia bersedia. Karena akan dipakai pada hari Jumat pagi pukul 9, maka travel pun dipesan untuk hari Kamis malam.

Nah, pas hari Kamis pagi aku diberitahu kalau supir travel langgananku baru jalan keesokan harinya jadi untuk pengantaran akan dilakukan oleh rekan supir yang lain. Ternyata hari itu hujan lebat sekali dan supirnya molor karena banyak penumpang. Ketika diberitahu alamat pengantaran, si supir juga tidak tahu jalan dan menghabiskan waktu lama di telepon dengan ibu penerima untuk mengetahui ancar2nya. Deg-deg plas lah pokoknya. Syukurlah pada akhirnya semua bisa terselesaikan dengan baik (mudah2an).

Untuk Fathara, selamat ulang tahun ya Nak. Semoga pesta ulang tahunnya meriah.

Paiton, 29 Maret 2011

Tuesday, March 15, 2011

Spongebob Squarepants Cake for Naifa's 1st Birthday

Karena melihat blog yang ini, Bu Titi memutuskan untuk mengorder kue ultah dengan tema Spongebob Squarepants untuk si bungsu Naifa.

Karena bakulnya suka tantangan, maka dibuatlah si spongebob ini tidak dalam bentuk kotak (menghadap ke depan) tetapi agak sedikit menyerong.
Spongebob Squarepants Cake

Idenya dari kaosnya Naomi. Thanks to digital technology, kaos Naomi ini aku foto, masukkan ke komputer, dan diprint untuk patron.
Spongebob Squarepants (on T-Shirt)

Aku suka dengan detil sepatu dan kaosnya si spongebob.
Spongebob Squarepants Cake

Juga dengan jari jemarinya yang saling menggenggam.
Spongebob Squarepants Cake

So untuk Naifa, selamat ulang tahun ya. Makin besar, selalu sehat-cerdas-cantik dan berbakti pada orang tua.
Spongebob Squarepants Cake

Paiton, 15 Maret 2011

Monday, March 14, 2011

Toko Kue Online "Solia"

Ketika aku mengunggah foto aktivitas memasang plang toko di Facebook, masuklah ucapan selamat bertubi2 dari teman2. Haduh, rasanya malu banget, soalnya tokonya masih kosong, barang belum masuk. Namun sekaligus juga senang karena ucapan selamat dari rekan2 bagi kami adalah doa dan pendorong bagi kesuksesan.
Toko Kue Online Solia

Kalau dibaca di plangnya, Toko Kue Online Solia melayani kue ultah, cupcake, snack, lalu di baris berikutnya plastik, bahan2 kue dan lain2. Yang sudah berjalan lancar adalah penyediaan kue ultah, cupcake dan snack sementara aktivitas penjualan barang2 masih dalam persiapan. Sesuai urutannya kan, hehehe.
Toko Kue Online Solia

Untuk para kastamer yang berminat dengan produk dan servisnya Toko Kue Online Solia, bisa langsung menghubungi email dapur.solia@gmail.com. Atau bisa juga ke telpon 081 135 4270. Kami melayani pelanggan di kawasan Probolinggo dan Situbondo. Ke depannya kami menargetkan juga kastamer2 di daerah jalur Pantura, Jawa Timur dan luar kota. Mohon doa restunya.

Paiton,14 Maret 2011

Saturday, March 12, 2011

Puding Coklat Instan Enak

Hampir seluruh posting di blog Dapur Solia menganut prinsip "bake from scratch". Maksudnya dibuat dari bahan2 alami atau non instan. Namun kali ini aku pengen menunjukkan produk instan yang enak banget.

Sebagai konsumen produk2 Gandum Mas Kencana (Wippy Haan, Maizena Haan, Coklat Collata dan Bendico), aku tertarik ketika di SPM kutemukan Haan Flan Mix (Tepung Flan), yaitu tepung instan untuk membuat puding. Cara pakainya tuang tepung flan ke panci stainless (aku pakai panci enamel dan baik2 saja), tuang 500 ml air (aku pakai susu cair), aduk sampai rata dengan baloon whisk, panaskan sampai mendidih, tambahkan 1 menit dengan api kecil sambil diaduk2. Tuang ke cetakan, tunggu sampai agak dingin, masukkan ke kulkas selama minimal 2 jam.
Dibanding dengan puding coklat yang biasa kubuat, tepung flan ini menghasilkan cairan yang sangat kental dan mirip dengan rasa es krim. Dan membeku dengan cepat pula, sehingga meninggalkan cukup banyak sisa di panci (tapi asyik juga mengorek2 sisa puding di panci). Kalo dilihat di bungkusnya komposisi tepung flan ini adalah gula, susu bubuk, krimer nabati (non dairy creamer), coklat bubuk, karagenan (carrageenan) dan perisa vanila. Udah ada logo halal.

Kalo tidak ada waktu untuk menimbang dan menyiapkan bahan sendiri, tepung flan ini bisa menjadi alternatif. Satu resep menghasilkan 10 cup ukuran sedang. Harganya nggak sampai Rp 20rb, dapat satu pak berat 140 gram. Definitely a must try!

Paiton, 12 Maret 2011

Creative Black Forest for Steve's Birthday

Aku mengenal pasangan ini kurang lebih sejak 13 tahun yang lalu. Steve adalah salah satu bos di perusahaan tempatku dulu bekerja. Kemudian dia bertemu Anik dan kami pun berteman. Di mana pun mereka bertempat tinggal, Anik selalu menyempatkan untuk say hello melalui jejaring sosial. Both Steve and Anik are really sweet, loving couple with big hearts.

Liburan keluarga Duewer tahun ini ke Probolinggo bertepatan dengan hari ulang tahun Steve. Sebelum meninggalkan USA, Anik memesan sebuah black forest ukuran 35 x 25 cm untuk hari spesial itu (thanks to Blogger and Facebook, otherwise how people order cakes without meeting face to face). Seperti biasa, aku tidak puas dengan penampilan standar black forest yang terdiri dari sponge cake, coklat serut dan cherry merah. Apalagi untuk Steve, Anik and their beautiful boys Kyle and Ryan. Pikir punya pikir, bagaimana ya caranya supaya cakenya jadi istimewa.
Creative Black Forest

Ketika membeli pita dan menemukan warna hijau, aku terpikir untuk memberi tone hijau di black forest ini. Base cake tetap menggunakan resep andalan Dapur Solia, bagian samping ditutup dengan lempeng coklat bermotif arabesque. Motif dibuat dengan menggunakan coklat Mercolade warna hijau (rasa melon). Untuk figurine mommy, aku menambahkan warna hijau di krah blus dan anting2. Cukup mencolok dan menyegarkan mata.
Creative Black Forest

Hiasan bagian atas terdiri dari whipcream, coklat serut, cherry merah, 4 buah figurine kepala 2D, coklat bentuk hati, coklat kruwel dan tentu saja tulisan Happy Birthday Steve.  Tulisan nama Steve dibuat dengan mencampur coklat sedikit coklat hijau cair ke dark chocolate compound yang sudah dicairkan. Mudah2an sudah cukup mirip dengan marmer.
Creative Black Forest

Untuk mencegah fondant menyerap terlalu banyak kelembaban dari whipcream, aku meletakkan sekeping coklat putih untuk alas figurinenya. Cukup efektif.
Creative Black Forest
Semua hiasan yang ada di atas black forest ini bisa dimakan, totally edible. Yang tidak bisa dikunyah hanya alas kue dan pitanya ;-)
Creative Black Forest

So .... have a wonderful happy birthday Steve. Enjoy your holiday, guys.

Paiton, 12 Maret 2011
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...