Saturday, March 12, 2011

Puding Coklat Instan Enak

Hampir seluruh posting di blog Dapur Solia menganut prinsip "bake from scratch". Maksudnya dibuat dari bahan2 alami atau non instan. Namun kali ini aku pengen menunjukkan produk instan yang enak banget.

Sebagai konsumen produk2 Gandum Mas Kencana (Wippy Haan, Maizena Haan, Coklat Collata dan Bendico), aku tertarik ketika di SPM kutemukan Haan Flan Mix (Tepung Flan), yaitu tepung instan untuk membuat puding. Cara pakainya tuang tepung flan ke panci stainless (aku pakai panci enamel dan baik2 saja), tuang 500 ml air (aku pakai susu cair), aduk sampai rata dengan baloon whisk, panaskan sampai mendidih, tambahkan 1 menit dengan api kecil sambil diaduk2. Tuang ke cetakan, tunggu sampai agak dingin, masukkan ke kulkas selama minimal 2 jam.
Dibanding dengan puding coklat yang biasa kubuat, tepung flan ini menghasilkan cairan yang sangat kental dan mirip dengan rasa es krim. Dan membeku dengan cepat pula, sehingga meninggalkan cukup banyak sisa di panci (tapi asyik juga mengorek2 sisa puding di panci). Kalo dilihat di bungkusnya komposisi tepung flan ini adalah gula, susu bubuk, krimer nabati (non dairy creamer), coklat bubuk, karagenan (carrageenan) dan perisa vanila. Udah ada logo halal.

Kalo tidak ada waktu untuk menimbang dan menyiapkan bahan sendiri, tepung flan ini bisa menjadi alternatif. Satu resep menghasilkan 10 cup ukuran sedang. Harganya nggak sampai Rp 20rb, dapat satu pak berat 140 gram. Definitely a must try!

Paiton, 12 Maret 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...