Thursday, April 29, 2010

Princess Belle on Strawberry Cotton Cake


Ini pesanan dari tetangga kompleks yang belum aku kenal sebelumnya. Tahu Dapur Solia dari kastamer lain yang sebelumnya sudah pernah pesan. Ada rasa senang menerima orderan hasil referral, artinya buah karyaku terdahulu memuaskan dan layak dipromosikan.

Galuh, nama gadis cilik yang berulang tahun, sangat menyukai karakter putri. Karena tidak secara spesifik menyebutkan putri yang mana, aku memilih karakter Belle.

Base dibuat dari 3 layer cotton cake rasa strawberry (lagi demen nih dengan cotton cake yang lembutttt), filling dari selai stroberi, dipoles dengan buttercream bikinan sendiri. Gambar Belle dibuat dengan teknik BC transfer (outline dibuat dari coklat Schoko, hasilnya lumayan rapi karena Schoko tidak langsung mengeras ketika terkena udara). Hiasan akhir menggunakan fondant bentuk bunga, daun dan kupu-kupu.



Untuk yang suka dengan cotton cake, ini sekalian aku share resepnya ya. (st)

STRAWBERRY COTTON CAKE
Original recipe by Fatmah Bahalwan
Modified by Shirley

Bahan2:
Bahan A:
500 gr Putih telur (± 17 telur)
300 gr Gula pasir

Bahan B:
15 btr Kuning telur
3 btr Telur utuh
170 gr Susu segar rasa strawberry (saya pake Ultra pink)
50 gr Whipped cream cair
1 sdt vanili

Bahan C:
180 gr tepung terigu protein rendah
180 gr mentega

Bahan D:
1 sdm Pasta strawberry
Pewarna pink secukupnya

Bahan E:
200 gr Selai strawberry

Cara membuat:
1. Siapkan 2 buah loyang kotak uk 26x26x5cm, poles mentega dan alasi dengan kertas roti, poles lagi. Bungkus bagian luarnya dengan aluminium foil sampai rapat dan tidak tembus air.
2. Nyalakan oven, pasang di suhu 180 °C
3. Kocok bahan A (putih telur) hingga kaku / soft peak. Sisihkan.
4. Bahan B: panaskan susu dan whipped cream, tidak boleh mendidih, masukkan telur, dan vanili aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan, jaga tetap hangat (aku pakai wajan yang diisi air panas, letakkan panci susu di atasnya)
5. Bahan C: lelehkan mentega, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk rata hingga menjadi adonan pasta.
6. Satukan adonan B dan C, aduk rata, lalu beri sedikit demi sedikit adonan putih telur sambil diaduk dengan balloon whisk hingga rata dan menjadi adonan ringan. Tuang pasta strawberry dan pewarna pink
7. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tuang kedalam loyang.
8. Oven dengan cara au bain marie / steam bake selama lebih kurang 35 menit. Lakukan tes tusuk, jika sudah tidak ada yang melekat angkat loyang dari dalam oven.
9. Keluarkan cake, dinginkan. Poles satu lembar cake dengan selai strawberry, tumpuk cake yang kedua. Siap dipoles BC untuk dekorasi selanjutnya.

Tips & trick:
- Au bain marie atau steam bake adalah teknik pemanggangan dengan loyang dioven sambil direndam dalam air
- Berbeda dengan au bain marie pada CCC, untuk memanggang cotton cake loyang berisi air rendaman dimasukkan bersama dengan loyang adonan dalam keadaan dingin. Suhu panggang juga lebih tinggi daripada suhu panggang CCC.

- Sebaiknya cake tidak terlalu tipis supaya tidak mudah patah. Tekstur cotton cake adalah lunak di saat panas, dan kokoh membal ketika sudah dingin. Pori2nya rapat namun lembut.
- Cocok dicover dengan BC maupun fondant. Dimakan begitu saja juga sudah enak.

Paiton, 30 April 2010

Cupcake Ultah untuk Papa & Mama di Leces



Dipesan dari Fujaira untuk ortu di Leces Probolinggo. Ceritanya yang pesan ini mantan kolega di kantor yang sekarang merantau mengais dolar di Timur Tengah. Bapak dan ibunya sama2 ultah di bulan April.



Seumur2 baru bikin figurine berdiri / duduk dua kali. Tapi sudah berani jualan cupcake set dengan topper figurine hehe. Nggak sempat beli CMC. Cupcake juga dikerjakan di ruang non AC. Untung selamat nggak ambruk. Ilmu nyontek abis dari Yuli Kue Rumahan. Belum bisa detil seperti beliau, masih banyak yang harus dipelajari.

Pelanggannya baik banget, nggak rewel, desain garis besar dikasih tapi detil diserahkan ke aku. Ternyata anak cowok juga bisa "gemi" (perhatian) kepada orang tua ya.



Buat Mas Yudhanto, makasih buat orderannya.



Paiton, 29 April 2010
Shirley
dapursolia.blogspot.com

Fruity Black Forest



Lagi senang terima orderan luar kota soalnya sekalian dengan jalan2 hehe.

Base cake black forest 30 x 30 cm, diberi filling whipcream, puji Tuhan tidak meleleh sampai tempat tujuan. Pagar dari cetakan coklat arabesque tinggi 10cm (sejak ada cetakan coklat wafer jadi jarang dipake, sekarang diberdayakan lagi). Hiasan minta yang warna warni, aku kasih coklat bentuk hati dan kerang.



Kado ultah dari Surabaya untuk seseorang di Panarukan Situbondo. Alamatnya bukan pakai "jalan" tapi "kampung" plus "RT/RW". Waktu berdoa sudah berdoa supaya nggak kesasar. Mana hujan lebat dan perbaikan jalan. Pokoknya proyek cinta beneran deh, hehe. Beruntung ada HP, jadi si penerima kue bisa memandu arah. Pulangnya duit bensin jadi dua piring nasi padang di Pasir Putih. Mesraaa hehe.


Shirley
dapursolia.blogspot.com
0811354270

Sunday, April 18, 2010

Spaghetti Saos Daging

Jika ada pertanyaan mengenai cooking, biasanya aku bertanya ke Hanna. Soalnya selain jagoan baking, dia juga jagoan cooking. Unlike me, hiks. Cuman bisa baking tapi kalo cooking masih kalah enak ama olahan tangan hubby.

Sewaktu kopdar bulan Februari 2010 lalu, Hanna membawa potluck spaghetti. Rasanya enyaak banget. Rame2 deh kami minta resep. Ternyata simpel sekali kok. Bahan2nya juga bahan matang semua, jadi nggak perlu bangun pagi-pagi ke pasar hihihi.

Spaghetti ini cocok dinikmati pagi, siang dan malam hari. Nggak ada matinye! Saos bisa dicicil lalu dimasukkan kulkas. Kalo ingin dinikmati, tambahkan 1-2 sdm minyak atau air, hangatkan sebentar, lalu sendokkan ke atas spaghetti rebus. Jika suka, bubuhi keju parmesan atau sliced cheese.

Foto di bawah ini hasil kerja bareng Naomi. Dia kebagian megangi garpunya sementara maknya njepret2. Makasih ya Sayang. (st)


SPAGHETTI SAOS DAGING
:: Recipe by Hanna Naniek ::



Bahan2 saos:

500 gr Daging cincang (beli jadi di SPM)
250 gram Jamur merang -- aku cincang halus, keluargaku nggak suka jamur -- kalo kelihatan ;-)

5 siung Bawang putih cincang
1 buah Bawang bombay besar iris tipis
170 gram (1 kaleng) Pasta tomat Delmonte
170 gram Saos tomat botol Delmonte
Gula pasir (sesuai selera)
1 sdt Merica bubuk (atau sesuai selera)
1/2 sdt Pala bubuk (atau sesuai selera)
3-4 lembar Bay leaves kering disobek sobek (aku gak pake)
1/2 sdt Oregano -- wajib ada. No oregano, no spaghetti
500 ml Susu cair atau red wine (aku cuman pake air putih biasa karena orang rumah ada yang intoleran terhadap susu)
2 sdm Margarine / minyak untuk menumis (enak kalo pake olive oil)
Garam sesuai selera (sedikit saja)

Tambahan dari aku:
1/2 sdt Basil
1 buah Tomat segar, diparut

Bahan2 untuk spaghetti:

500 gram Spaghetti (aku pake LaFonte)
1 sdt Garam
Minyak zaitun (bisa diganti minyak goreng, 1 sdm untuk setiap 100 gram spaghetti)

Cara Membuat:

1) Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay cincang, aduk2 hingga layu
2) Masukkan daging cincang, masak hingga berubah warna.
3) Masukkan jamur merang.
4) Masukkan air / susu / red wine.
5) Masukkan tomat pasta / botol / segar, aduk2.
6) Masukkan semua bumbu (gula, bumbu Italy, merica, pala, garam). Cicipi.
7) Masak hingga air berkurang -- kalo aku, biasanya air aku sisakan sedikit supaya kalo dipanasi tidak menjadi terlalu kering.
8) Membuat spaghetti: didihkan air (1 liter untuk setiap 100 gram spaghetti kering), masukkan spaghetti, rebus selama 9 menit (ini yang pas untukku), angkat, tiriskan, segera bubuhi minyak zaitun lalu aduk2 supaya tidak lengket
9) Penyajian: susun spaghetti rebus, beri saos, beri parutan keju parmesan, beri garnish (mentimun, tomat, daun peterseli). Siap disantap.


Paiton, 18 April 2010

Saturday, April 17, 2010

Basic Fondant Tools

Sekarang Dapur Solia makin sering merambah cake yang menggunakan hiasan fondant. Penggunaan alat (fondant tools) membuat pekerjaan menjadi semakin cepat. Foto di bawah ini adalah basic fondant tools yang aku pakai. Buatan Taiwan, merknya San Neng.



Ini daftar alat dan bentuk yang dihasilkan yang aku tahu ya. Correct me if I'm wrong

Alat no. 1: jarang pake, kayaknya bisa dipakai untuk membentuk mulut
Alat no. 2: satu sisi untuk membentuk lubang yang agak dalam dan pipih, semisal untuk menyelipkan stick es krim atau hiasan. Sisi lainnya menghasilkan bentuk bintang kecil2, bisa untuk motif topping cupcake.
Alat no. 3: satu sisi untuk membuat lubang semisal untuk mata, sisi satunya untuk membuat lubang berbentuk bulat semisal lubang di wajah spongebob
Alat no. 4: ini tool yang sangat berguna, bisa untuk "menaikkan" pipi semisal di wajah Thomas, mendorong2 figurine tanpa meninggalkan bekas (ujungnya bulat tumpul)
Alat no. 5: belum tahu. Info dari Maureen ini bisa untuk membentuk urat2 di daun atau lekuk telinga binatang.
Alat no. 6: membentuk garis senyum
Alat no. 7: tombak ini sisi2nya bergerigi, bisa untuk membuat motif / border
Alat no. 8: mirip dengan no. 7 tetapi sisi2nya datar
Alat no. 9: aku pakai sebagai slicer, untuk memotong2 fondant
Alat no. 10: untuk mengungkit
Alat no. 11: wajib ada, dipakai untuk melubangi hidung, membuat motif jahitan secara manual, dll
Alat no. 12: satu sisi mirip dengan no. 1, sisi lainnya dipakai untuk membuat motif kerang


Ada yang mau menambahkan?


Paiton, 16 April 2010
Shirley
dapursolia.blogspot.com

Friday, April 9, 2010

Akhirnya, Dapet Orderan Cupcake Juga!



Hihi, luapan kegembiraan yang "ndeso" ya. Memang selama ini orderannya Dapur Solia kebanyakan cake international ukuran besar dan snack. Rupanya di Paiton cupcakes belum populer ya. Padahal cupcakes sangat praktis lho. Nggak pake acara motong2 yang mengotori tangan, kalau makannya nggak habis bisa dibawa pulang, hiasannya juga bisa macam2, umumnya menggunakan bahan2 yang semuanya edible. Apalagi setelah Ina Larizz memperkenalkan konsep "Kapcer" alias "Kapkek Bercerita" dan Cupcakes Heavennya Yuliana masuk Dahsyat-nya RCTI, kayaknya demam cupcake di ibukota makin merajalela. Ayo dong Paitoners, pesan cupcake juga dongg hehe.

Ini orderan dari teman untuk ultah istri tercintanya. Dibuat dengan tema "Farmville" karena beliau adalah master online game ini. Dikemas di keranjang rotan dengan isian potongan daun pandan hijau. Wangi dan cantik kan :))




Kalau mau pesan, silakan hubungi Shirley ya. Minimum pemesanan 2 sets masing2 isi 4 pieces.

Paiton, 9 April 2010
Email: dapur.solia@gmail.com
HP: 0811354270
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...