Thursday, April 29, 2010

Princess Belle on Strawberry Cotton Cake


Ini pesanan dari tetangga kompleks yang belum aku kenal sebelumnya. Tahu Dapur Solia dari kastamer lain yang sebelumnya sudah pernah pesan. Ada rasa senang menerima orderan hasil referral, artinya buah karyaku terdahulu memuaskan dan layak dipromosikan.

Galuh, nama gadis cilik yang berulang tahun, sangat menyukai karakter putri. Karena tidak secara spesifik menyebutkan putri yang mana, aku memilih karakter Belle.

Base dibuat dari 3 layer cotton cake rasa strawberry (lagi demen nih dengan cotton cake yang lembutttt), filling dari selai stroberi, dipoles dengan buttercream bikinan sendiri. Gambar Belle dibuat dengan teknik BC transfer (outline dibuat dari coklat Schoko, hasilnya lumayan rapi karena Schoko tidak langsung mengeras ketika terkena udara). Hiasan akhir menggunakan fondant bentuk bunga, daun dan kupu-kupu.



Untuk yang suka dengan cotton cake, ini sekalian aku share resepnya ya. (st)

STRAWBERRY COTTON CAKE
Original recipe by Fatmah Bahalwan
Modified by Shirley

Bahan2:
Bahan A:
500 gr Putih telur (± 17 telur)
300 gr Gula pasir

Bahan B:
15 btr Kuning telur
3 btr Telur utuh
170 gr Susu segar rasa strawberry (saya pake Ultra pink)
50 gr Whipped cream cair
1 sdt vanili

Bahan C:
180 gr tepung terigu protein rendah
180 gr mentega

Bahan D:
1 sdm Pasta strawberry
Pewarna pink secukupnya

Bahan E:
200 gr Selai strawberry

Cara membuat:
1. Siapkan 2 buah loyang kotak uk 26x26x5cm, poles mentega dan alasi dengan kertas roti, poles lagi. Bungkus bagian luarnya dengan aluminium foil sampai rapat dan tidak tembus air.
2. Nyalakan oven, pasang di suhu 180 °C
3. Kocok bahan A (putih telur) hingga kaku / soft peak. Sisihkan.
4. Bahan B: panaskan susu dan whipped cream, tidak boleh mendidih, masukkan telur, dan vanili aduk rata dengan balloon whisk, sisihkan, jaga tetap hangat (aku pakai wajan yang diisi air panas, letakkan panci susu di atasnya)
5. Bahan C: lelehkan mentega, masukkan tepung terigu sekaligus, aduk rata hingga menjadi adonan pasta.
6. Satukan adonan B dan C, aduk rata, lalu beri sedikit demi sedikit adonan putih telur sambil diaduk dengan balloon whisk hingga rata dan menjadi adonan ringan. Tuang pasta strawberry dan pewarna pink
7. Bagi adonan menjadi 2 bagian, tuang kedalam loyang.
8. Oven dengan cara au bain marie / steam bake selama lebih kurang 35 menit. Lakukan tes tusuk, jika sudah tidak ada yang melekat angkat loyang dari dalam oven.
9. Keluarkan cake, dinginkan. Poles satu lembar cake dengan selai strawberry, tumpuk cake yang kedua. Siap dipoles BC untuk dekorasi selanjutnya.

Tips & trick:
- Au bain marie atau steam bake adalah teknik pemanggangan dengan loyang dioven sambil direndam dalam air
- Berbeda dengan au bain marie pada CCC, untuk memanggang cotton cake loyang berisi air rendaman dimasukkan bersama dengan loyang adonan dalam keadaan dingin. Suhu panggang juga lebih tinggi daripada suhu panggang CCC.

- Sebaiknya cake tidak terlalu tipis supaya tidak mudah patah. Tekstur cotton cake adalah lunak di saat panas, dan kokoh membal ketika sudah dingin. Pori2nya rapat namun lembut.
- Cocok dicover dengan BC maupun fondant. Dimakan begitu saja juga sudah enak.

Paiton, 30 April 2010
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...