Wednesday, February 11, 2009

Butter Cheese Cake

Aku suka banget dengan segala macam kue yang berbau keju. Ketika membaca resep Butter Cheese Cake yang dirilis oleh NCC beberapa minggu yang lalu, langsung deh aku membulatkan tekad untuk mencobanya meskipun sebetulnya aku tidak terlalu menggilai buttercake karena teksturnya yang padat dan mengenyangkan.

Mengikuti trik Bu Fat, aku meminta asisten di rumah untuk menimbang semua bahan supaya sepulang kerja aku bisa langsung baking. Duh, mau marah aja waktu kutimbang ulang terigu kelebihan 75 gram, mentega kurang 100 gram, gula kelebihan 50 gram. Untung aku teringat semboyan Dapur Solia: setiap potongnya diolah dengan cinta. Jadi batal deh marah-marahnya hehe.

Setelah mencari-cari cream cheese tanpa hasil, akhirnya kuputuskan untuk mengganti cream cheese dengan krimcis gadungan. Setelah dipraktekkan, ternyata hasilnya enaakkk banget. Kesimpulanku, jangan panik kalau tidak berhasil mendapatkan cheese cream yang asli karena yang gadungan pun hasilnya enyak enyak enyak! Kue ini dipanggang dengan menggunakan oven tangkring (otang) dengan bantuan termometer oven yang baru dibeli minggu lalu.

Berikut resep yang telah aku modifikasi.

Butter Cheese Cake
Penulis: Fatmah Bahalwan
Modifikasi by: Shirley

Bahan A:
200 gram Mentega 1 (Orchid unsalted)
25 gram Mentega 2 (Orchid unsalted)
75 ml Susu cair (Ultra plain)
75 gram Keju cheddar, parut
½ sdt Kulit jeruk parut
175 gram Gula pasir (jika bisa gunakan gula kastor yang berbutir kecil-kecil)
5 butir Kuning telur





Bahan B:

225 gram Tepung terigu protein sedang atau all purpose flour
1½ sdt Baking powder
¼ sdt Garam

Bahan C:
5 butir Putih telur
1 sdt Air jeruk (lemon atau nipis)

Cara Membuat:
1. Siapkan 6 loyang chiffon mini, poles dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu hingga rata.
2. Campur susu cair, keju parut dan mentega 2 dalam panci / mangkuk stainless kecil lalu tim hingga larut menjadi cairan keju yang homogen
3. Panaskan oven hingga suhu 180 °C.
4. Kocok mentega 1 dan cheese cream hingga mengembang dan pucat. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok. Masukkan kuning telur dan kulit jeruk sambil tetap dikocok hingga rata. Matikan mixer.
5. Ayak Bahan B ke dalam adonan mentega, aduk balik hingga rata. Sisihkan.
6. Di wadah terpisah, kocok bahan C hingga kaku, lalu secara bertahap campurkan dengan adonan gula-mentega. Aduk hingga rata.
7. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang selama 30-40 menit (hingga matang dan lulus tes tusuk).

(st)

4 comments:

Anonymous said...

aduh ovennya bima boga ya,saya pernah beli di surabaya jelek hasilnya ngelotok maaf 2 aja yaa tapi selamat deh kalau bima boga mah kagak dah murahan banget gak kepake

mebisandi said...

K Fuji jangan gitu donk. Kok dengan sombongnya ngomong kompor murahan. Memangnya ga sadar ya omonganya bisa nyinggung orang yang baru beli ?

mengenai mutu, kan banyak kemungkinan. bisa jadi barang palsu atau tiruan, bisa jadi prosedur pemakaiannya tidak sesuai, bisa jadi memang barang cacat yang K fuji dapatkan. atau memang mutu kompor tersebut tidak bagus. Btw bagaimana dengan hasil panggangannya ? sesuai ga dengan kekecewaan K Puji ? kok ga diceritain ?

bundakeita said...

mantep tuch resepnya..boleh dicoba.. lom pernah bikin sich...tp bentar lg hunting bahan & bikin... btw sy juga pake otang bima, hasilnya baik2 aja tuch... lbaran kmarin jg sukses menghasilkan nastar & kue kering lain... bwt k fuji: cara pakainya blom paham kali?? coz setahu saya seburuk apapun oven kalo yg punya udah paham cara pakainya,pasti menghasilkan kue yg enyak..enyak..enyak..
kadang tiap over karakternya beda2 lho..(hallah ngomong apa ini...) hehehe...

bundakeita said...

eitz...ralat..bukan over tp oven..:)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...