Saturday, January 31, 2009

Donat Kentang Empuk Enak

Minggu ini tantangan dari milis NCC adalah membuat donat kentang. Resep yang diberikan bisa dilihat di sini dan cara membuatnya bisa dilihat di sini. Cuma untuk kali ini aku ingin menggunakan resep andalan sendiri. Kalau dibandingkan, donat NCC menggunakan susu bubuk sedangkan resepku tidak, sementara proses pembuatannya kurang lebih sama.

Untuk urusan bikin donat, aku beruntung memiliki asisten yang mahir dan kuat menguleni adonan sampai kalis. Maklum ... mixer heavy duty belum terbeli sementara badan suka pegel kalo banting2 adonan (duh, alasan ... kan sudah punya bread maker Concerto). So .... donat ini dibikin murni dengan tenaga tangan tanpa bantuan mixer atau alat apa pun.

Tadinya donat ini dimaksudkan sebagai suguhan untuk kelompok ibu-ibu komplek yang berniat menjenguk suami yang baru keluar dari rumah sakit. Ternyata acara batal, mungkin karena hujan turun dan akhir pekan pula. Sempat bingung bagaimana caranya menghabiskan donat sebegitu banyak. Bagaimana tidak, terigunya saja 800 gram, belum bahan-bahan basah lainnya. Akhirnya separuh donat yang sudah digoreng dimasukkan ke dalam kulkas untuk dinikmati keesokan harinya. Separuhnya lagi dicelup ke ganache cair tanpa tambahan apa-apa lagi.

Duh, rupanya kekuatiranku tidak terbukti. Karena rasanya yang empuk dan topping coklatnya yang enak, dalam waktu sekejab donat-donat ini sudah lenyap nyap nyap disantap oleh anak-suami-tetangga. Hati jadi senang. Siapa bilang donat homemade kalah pamor dari donat bermerek.

Untuk yang ingin mencoba, berikut resepnya.

DONAT KENTANG
:: Ditulis oleh Shirley


Bahan-bahan:
1 kg Tepung terigu protein tinggi (Cakra)
½ kg Kentang, dikukus, dihaluskan lalu didinginkan
150 gram Margarin (Blue Band)
250 gram Gula pasir
11 gram Ragi instan (Fermipan)
4 butir Telur utuh



Cara Membuat:

1. Campur semua bahan termasuk kentang halus lalu uleni sampai kalis. Istirahatkan selama 10 menit.
2. Bagi adonan sesuai selera (karena nggak punya timbangan digital sih. Kalo untuk dijual, kira2 40 gram lah).
3. Bulat-bulatkan adonan, diamkan lagi selama 10 menit.
4. Lubangi setiap donat
5. Goreng dengan minyak goreng panas sedang.
6. Hiasi dengan topping sesuai selera: gula halus, ganache cair, meisyes, mentega + parutan susu, dan lain-lain.

Nah ... sekarang boleh dong aku masang logo Donat Week NCC hehe. Dari keenam logo yang disediakan oleh Ina Larizz, aku memilih yang paling mendekati hasil aslinya.

Hmmmm, mareee!

Paiton, 30 Januari 2009

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...