Sunday, May 27, 2012

Ganache 2:1

Ganache sering digunakan untuk menutup permukaan cupcake agar rapi dan sebagai "lem" supaya fondant bisa melekat dengan baik ke cupcake. Rasa ganache juga enak, memberikan citarasa yang lebih istimewa. Karena itu meskipun cupcake bisa saja dicover dengan buttercream ataupun selai, banyak ahli dekor memilih ganache sebagai cover cupcake mereka.

Salah satu resep ganache yang populer di milis adalah resep ganache 2:1. Maksudnya gimana? Maksudnya ganache tersebut dibuat dengan perbandingan 2 bagian coklat dan 1 bagian krim. Ganache yang dihasilkan akan menyerupai selai coklat (seperti isian roti coklat Sari Roti) yang mudah dioleskan.

Resep yang aku share ini dibuat dari bubuk whipcream non-dairy instant. Jika dibiarkan semalam, ganache ini akan cukup kaku sehingga menghasilkan permukaan yang halus sangat dicover fondant.

Semoga berguna. (st)

GANACHE 2:1
:: Sumber: Milis NCC ::

Bahan2:
100 gram  Whipcream instant non-dairy bubuk (aku pake Wippy Haan)
200 gram  Air
600 gram  Dark compound chocolate, cincang

Cara Membuat:
- Kocok bubuk whipcream dengan air menggunakan baloon whisk hingga menjadi adonan yang rata / homogen (tidak perlu sampai mengembang)
- Didihkan whipcream menggunakan panci di atas api kecil (hati-hati krim menjadi berbuih dan meluap keluar panci). Matikan api.
- Cemplungkan coklat cincang ke dalam krim hangat. Biarkan sejenak supaya coklat meleleh, lalu aduk rata.
- Ganache siap digunakan.

Ganache 2:1
Catatan:
- Cara mengaplikasikan pada cupcake: haluskan permukaan cupcake dengan bantuan parutan keju. Ambil sedikit ganache, poleskan ke seluruh permukaan cupcake. Terakhir, celupkan spatula besi ke air panas, keringkan dengan lap, gunakan untuk menghaluskan ganache yang sudah dipoleskan ke cupcake. Biarkan cupcake semalaman (sekitar 6 jam).
- Jika diaplikasikan pada cupcake selain coklat, Anda bisa mencoba white ganache. Resepnya mirip dengan resep ganache di atas dengan sedikit perubahan komposisi: 3 bagian white chocolate dicampur dengan 1 bagian krim.
- Ganache yang lebih enak bisa dibuat dengan menggunakan krim kental cair dairy dan coklat couverture.
- Beda merk / tipe coklat akan menghasilkan tingkat rasa manis yang berbeda. Cicipi terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memastikan ganache yang dibuat cocok dengan selera Anda.

Paiton, 27 Mei 2012

1 comment:

Feni *:: fenchan ::* said...

mbak, apa ganache 2:1 ini bisa juga dipake untuk decorating cake memakai spuit yang dibentuk bintang ato mawar ato kerang gitu? apa konsistensinya cukup?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...