Thursday, November 24, 2011

Smooth Butter Cake

Aku rada milih2 kalo urusan tekstur kue. Nggak suka yang empuk sekali sampai terasa gembos kalau digigit, nggak suka juga yang terlalu padat dan keras. Pas buka-buka bukunya Mbak Peni, nemu satu resep dan aku putuskan untuk nyoba. Pas di bagian susu cair, karena lagi nggak punya, aku ganti dengan susu kental manis lalu di bagian gula aku kurangi sedikit.
Buttercake
Buttercake ini juara. Rasanya enak, manisnya sedang, teksturnya halus, nggak padat tapi mantap digigit dan cukup mengenyangkan. Kalo mau makin wangi menteganya bisa dicampur dengan Wisjman sedikit. Aku simpan beberapa biji sampai 2 hari (taruh di Tupperware dan masuk kulkas bawah), pas mau dimakan aku panaskan sebentar di microwave. Hasilnya tetap enak seperti buttercake yang baru matang. Naomi dan hubby doyan banget.

Seperti buttercake pada umumnya, setelah dibiarkan beberapa jam, permukaan cake ini menjadi basah dan jika tertempel tangan / sendok kulitnya akan lepas. Cara mengatasi bisa dengan setelah cake matang dinaikkan ke rak atas dan dikeringkan selama 2 menit panas 180 °C (pake api bawah saja) sampai permukaan cake menjadi lebih coklat, bisa dengan memanaskan cake kembali (reheat) di microwave atau oven. Untukku karena cake ini kupakai sebagai cupcake dan permukaannya akan dihias, masalah permukaan cake yang menjadi basah tidak menjadi soal. Tinggal poles sedikit dengan buttercream, beres.

Jika lagi perlu macam-macam variasi resep untuk cupcake, aku sarankan beli buku yang judulnya 3 Jam Mahir Membuat dan Menghias Cupcake & Mini Cake ini. Totally worth it. (st)

SMOOTH BUTTER CAKE
:: Resep: Peni Respati ::
Buttercake
Bahan2:
300 gram  Mentega / margarin
150 gram  Gula pasir halus
8 buah  Kuning telur
250 gram  Tepung protein sedang
25 gram  Tepung maizena
1 sdt  Baking powder double acting
50 ml  Susu cair (aku ganti SKM yang diencerkan dengan air)
6 butir  Putih telur
50 gram  Gula pasir halus (aku kurangi sedikit karena adanya pemakaian SKM)
1/2 sdt  Pasta vanila (aku skip, ganti dengan vanila bubuk)

Cara Membuat:
1) Kocok mentega dan 150 gram gula pasir hingga lembut
2) Tambahkan kuning telur satu per satu, kocok hingga tercampur rata
3) Masukkan tepung terigu, maizena dan baking powder sambil diayak. Lakukan secara bergantian dengan susu cair. Kocok hingga rata.
4) Di tempat terpisah, kocok putih telur dan 50 gram gula pasir. Masukkan ke dalam adonan tepung terigu, aduk rata.
5) Terakhir tambahkan esens vanila, aduk rata
6) Masukkan adonan ke dalam loyang cupcake atau minicake yang telah dilapisi kertas roti (aku pake loyang cupcake satuan, dipoles dengan carlo, tanpa kertas roti). Isi 3/4 bagian loyang atau papercup, kemudian panggang adonan di dalam oven paha suhu 160 °C selama 30 menit (tambahanku: lanjutkan dengan memindah loyang ke rak atas dan lanjutkan memanggang dengan panas 180 °C selama dua menit untuk mengeringkan permukaan cake). Cupcake atau mini cake siap untuk dihias.
7) Hasil: 24 buah cup ukuran standar atau 1 loyang ukuran 20 x 20 x 7 cm (aku cuman jadi 16 biji karena bikin ukuran jumbo untuk ditaruh di cup momma).

Thanks buat bukunya ya Mbak Peni. Berguna banget!

Paiton, 25 November 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...