Friday, December 2, 2011

Latbar Ayam Kodok Bersama FM

Bulan November diisi acara latbar dengan teman2 dari milis FoodMonster. Materinya ayam kodok, yang sharing Mbak Mira Yusnita Cookies. Meskipun di menit-menit terakhir ada teman-teman yang nggak bisa datang, latbar tetap berjalan lancar jaya.
Ayam Kodok

By the way busway, namanya memang ayam kodok, tapi makanan ini sama sekali TIDAK mengandung kodok. Disebut begitu karena bentuknya tengkurap seperti posisi kodok duduk. Di sebuah buku, masakan ini diganti namanya menjadi "ayam tanpa tulang". Nggak sepenuhnya benar juga karena tetap ada sedikit tulang yang disisakan agar bentuk asli ayamnya tetap kelihatan.

Kelompokku aslinya terdiri dari Retno, Yuyut, Nadira dan aku sendiri. Berhubung Nadira masih ngurusin sekolahnya Kay, akhirnya hanya kami bertiga yang mengoperasi si ayam.
Retno, Yuyut, Shirley
Duile, memang bikin ayam kodok ini paaaaanjangggg dan laammaaaaa. Kalau sudah pengalaman sih bisa ya menguliti ayamnya dalam tempo 15 menit, tapi tetap aja keseluruhan waktu yang dibutuhkan minimal 3-4 jam (dari mentah sampai matang + dihias + packing). Makanya harganya pun jangan disamakan dengan seekor ayam mentah ya *grrrr.

Metode yang diajarkan Mbak Mira sedikit lain dari yang pernah aku ketahui, a.l. titik di mana tulangnya dipotong, bahan isian, bahan saus dan metode pematangan yang hanya dipanggang tanpa direbus. Jadi menambah wawasan bagaimana mengerjakan dengan cara cepat dan efisien. Ohya, Mbak Mira juga mengenalkan tool baru yaitu pisau Victorinox bergerigi yang ujungnya bulat. Wah, ini pisau cocok banget untuk ngiris daging, tajam dan langsung putus. Coba lihat hasil irisannya di foto di bawah ini, rapiii. Dua minggu setelah latbar aku langsung hunting dan beli pisau ini di Arvian hehe.
Ayam Kodok

Semua kelompok terlihat mengerjakan dengan asyik dan hasil akhirnya juga bagus2. Coba lihat fotonya ini.
Ayam Kodok

Sayang karena udah ribet berkutat dengan bahan-bahan, aku nggak bisa njepret banyak foto. Potluck dah nggak ada yang aku foto sama sekali padahal banyak yang asyik kayak klappie duriannya Ipoet, apple crumbnya Lia, makaroni schotel, es buah dll. Foto teman2 juga cuman dapat dikit.
Iin & Santi
Iin and Nusanti
Mejeng
Diyah, Juli, Ipoet, Yuniar, Inna, Iin
Latbar ini dimulai pukul 10 dan buyar pukul 3 siang. Rumahnya Inna habis diobrak abrik deh hehe. Makasih banyak ya Inna darling, Ummi, Abah, dan semua penghuni rumah yang sudah memberikan tempat untuk kami kongkow-kongkow.
Inna

Special buat Mods, makasih banyak sudah bersusah payah menyelenggarakan latbar ini untuk kami *big-hugs

Sampai ketemu di latbar FM selanjutnya.

Paiton, 1 Desember 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...