Saturday, April 23, 2011

Puding Tape Ketan Ijo ala Hanna Naniek

Puding tape ketan ijo ini beberapa kali muncul di deretan fotonya Hanna namun baru kali ini aku ada kesempatan untuk mencoba. Kebetulan semua bahannya lengkap, tinggal nitip ke hubby untuk beli tape ketan ijonya dari Giant Probolinggo.
Puding Tape Ketan Ijo

Rasanya ternyata benar2 enak. Sebelumnya aku udah pernah nyicip puding tape ketan ijonya Ny Sunaryo, ternyata pudingnya Hanna ini lebih gurih dan segar. Teman kantor yang kebagian lebihannya langsung nanya2 mau order. Hehe, satu kurang ya Mas.

Di posting ini aku salin basic recipenya aja ya. Untuk tips & trick sudah lengkap banget dibahas oleh Hanna, jadi silakan langsung meluncur ke sana.

Thanks for sharing ya Han. (st)

PUDING TAPE KETAN IJO
:: Recipe by: Hanna Naniek ::
Puding Tape Ketan Ijo

Bahan2:
2 bungkus  Agar2 warna putih (1 pak isi 7 gram -- bentuk serbuk)
250 gram  Gula pasir (utkku yang gak gitu suka manis, ini sudah ok)
750 ml  Santan kental instan (Kara atau Sun Kara)
1100 ml  Air biasa
5 sdm  Pasta pandan merk MOM (aku substitusi dengan 1 sdm pasta pandan keluaran Tofieco)
1 cup (250 gram)  Tape ketan ijo, tiriskan, bagi dua bagian (1 untuk dasar puding, 1 untuk garnish)

Cara Membuat:
1) Campur dan aduk2 agar2 dengan air, santan, gula, garam (aku pake whisker), masak di atas api kecil hingga bergolak. Jika suka, bisa dibubuhi daun pandan yang sudah dicuci bersih dan diikat simpul (buang daun pandan setelah cairan puding matang dan bergolak).
2) Ambil 5 sdm cairan puding, campurkan ke tape ketan ijo. Ambil kira2 sebanyak 1 sdt, letakkan di dasar cetakan puding. Biarkan sampai agak beku.
3) Bagi dua sisa cairan puding, satu bagian biarkan putih, satu bagian lagi diberi pasta pandan. Catatan: tunggu sampai cairan puding sudah tidak beruap barulah kemudian diberi pasta pandan. Jika tidak aromanya akan berkurang.
4) Tuang cairan puding warna putih ke cetakan, tunggu sampai muncul lapisan agak kaku di permukaannya baru ditimpa dengan cairan puding warna hijau. Lakukan berulang kali hingga cetakan 3/4 penuh dan puding habis. Catatan: jika puding beku di panci, tambahkan 2-3 sdm air putih lalu panaskan kembali di atas api -- cukup asal hangat dan mencair saja.
5) Hias dengan sisa tape ketan ijo dan potongan daun pandan.
6) Cukup untuk 15 cup ukuran sedang.
Puding Tape Ketan Ijo

Link ke resep asli:
Resep Keluarga Cinta: Resep puding lapis tape ketan hijau

23 April 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...