Saturday, April 23, 2011

Quiche Lorraine - Jajanan Asin Gurih Nikmeh

Namanya rada2 susah dan bikin dahi kastamer berkerut. Bentuknya gimana sih, mungkin begitu yang ada di benak mereka. Sebenarnya ide dasarnya sederhana: kulit pie diberi isian dan taburan keju parut, lalu dipanggang. Yang bikin istimewa adalah, isian penganan ini mengandung daun bayam. Di resep aslinya daun bayam ini langsung dipakai tapi aku sengaja merebus dengan air mendidih selama 30 detik, supaya sisa tanah dan kotoran yang mungkin masih melekat bisa rontok. Tidak terlalu lama juga karena aku suka dengan tekstur bayam yang masih kriuk.
Quiche Lorraine

Karena keterbatasan waktu, aku memutuskan untuk mengerjakan pembuatan quiche ini dalam dua bagian. Pertama, bikin kulit. Kedua, membuat isian dan memanggang sampai matang. Bagian pertama dikerjakan oleh asisten dan ini benar2 bikin sport jantung. Berbeda dengan resep kulit untuk fruit pie biasa, resep kulit pie yang ini sangat rapuh karena mengandung banyak telur. Beberapa kulit pie yang sudah matang malah remuk hanya karena disentuh tangan atau diangkat. Haduh, haduh, sampai stress dibikinnya. Rupanya memang sebaiknya dua bagian ini (pembuatan kulit dan isi) tidak dipisah karena cairan dari bahan isinya itulah yang mengikat remahan kulit pie supaya tidak mudah ambrol.

Kalau aku bandingkan foto quiche lorraine hasil bikinanku dengan foto NCC, terlihat punyaku masih cekung seperti kurang isi. Rupanya ketika menyusun bahan di dalam kulit, masih terdapat banyak rongga. Pada saat memanggang, permukaannya turun dan menjadi cekung. Next time bahan2 akan aku potongi lebih halus lagi supaya bisa lebih compact / padat. Lalu saus juga akan aku lebihkan supaya permukaannya bisa rapi dan tinggi.

Oh ya, ada satu lagi kesalahan teknis dalam proses pembuatan. Quiche bikinanku melekat kuat ke cetakannya. Kurasa ini karena aku tidak mengolesi cetakan dengan lemak, atau karena aku tidak memasang paper case antara cetakan dan kulit pie. Ini misteri yang akan aku cari pemecahannya di  baking berikutnya.

Soal rasa, aku serumah doyan banget dengan quiche lorraine ini. Terutama pas tergigit daun bayam dan ada sensasi crunchy-nya. Pas aku cek ke kastamer, kok dia nggak heboh ya? Rupanya oh rupanya, sambal sachetnya tertinggal nggak ikut terkirim. Untuk kastamerku, mohon maaf atas kelalaiannya ya, hiks. Menurutku sambal sachet ini wajib ada, karena bikin rasanya jadi enaaaakkk sekali.

Untuk ibu2 yang pengen anaknya mengkonsumsi lebih banyak serat, bisa coba bikin si quiche ini. Kandungan gizinya lengkap mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, serat dan susu. Saranku, bayamnya direbus lebih lembek dan dirajang halus supaya lebih mudah ditelan oleh anak-anak. (st)

QUICHE LORRAINE
:: Recipe by: Fatmah Bahalwan ::
Quiche Lorraine
Bahan-bahan:
Bahan Kulit:
350 gram  Tepung terigu protein sedang
200 gram  Mentega
3 butir  Kuning telur
100 ml  Air es

Bahan Isi:
450 gram  Jamur kancing kalengan, iris tipis
100 gram  Bayam
100 gram  Bawang bombay
125 gram  Keju parut (aku pake cheddar untuk isian & quick melt untuk topping)
250 gram  Sosis, iris tipis

Bahan Saus:
1000 ml  Air susu UHT
10 buah  Kuning telur
1 sdt  Garam
1/4 sdt  Merica
1/4 sdt  Pala bubuk

Cara Membuat:
1) Kulit: aduk tepung terigu, telur, mentega hingga berbutir-butir. Tuangi air es sedikit demi sedikit, uleni, bulatkan, gilas, cetak di cetakan kulit pie.
1a) Optional: panggang kulit pie selama 10 menit, lalu keluarkan untuk diberi isian.
2) Saus:  aduk semua bahan hingga rata, taruh di gelas ukuran supaya mudah dituang.
3) Isi pie dengan bahan yang sudah diiris halus. Tuangi saus.
4) Oven hingga matang di suhu 170 degC.
5) Keluarkan dari cetakan. Hidangkan dengan saus sambal.
Hasil jadi: sekitar 25 buah (tergantung besar cetakan)

23 April 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...