Sunday, December 12, 2010

Puding Busa Jeruk


Resep puding ini sering dibahas di milis. Kreatornya adalah Yeni Suryasusanti a.k.a. Bu Matre - bendahara milis. Seorang teman homebaker bercerita resep puding ini adalah salah satu best seller-nya dia. Hmmm, jadi penasaran juga seperti apa sih rasanya.
 
Pada dasarnya puding ini menggunakan cairan dari Nutrisari dengan isian jeruk kupas kalengan. Jika disajikan untuk dewasa, kita bisa memilih Nutrisari rasa manis asam dan mendapatkan puding yang berasa sangat segar. Jika disajikan untuk anak2, kita bisa memilih jeruk dengan rasa manis. Waktu praktek perdana aku salah memilih Nutrisari, aku memilih yang rasa asam. Segar sih, tapi makannya sambil mengernyitkan dahi menahan kecut hehe.

Satu resep puding ini pas dituang ke cetakan puding bulat besar diameter 22 cm. Penggunaan cairan yang hanya sedikit membuat puding ini cepat keras dan mudah dibalik. Jika disajikan sebagai hantaran, kita bisa meletakkan puding ini di atas alas impraboard atau loyang aluminium foil pendek.

Thanks ya Mbak Yeni untuk sharing resepnya. (st)



PUDING BUSA JERUK
:: Recipe by Yeni Suryasusanti ::

Bahan-bahan:
a) Untuk puding:
1 kaleng  Jeruk mandarin kupas (aku pake Wilmond)
750 cc  Air matang
2 bungkus  Agar2 bening
200 gram  Gula pasir
60 gram  Nutrisari rasa jeruk manis (= 4 sachet)
4 butir  Putih Telur (= 120 ml)
Vanilla extract secukupnya (aku pake 1 sdt merk Wilton)
Optional: 2-3 tetes pewarna kuning (aku pake pasta Toffieco jeruk)

b) Untuk vla
500 cc  Susu cair / fresh milk
200 gram  Gula pasir
2 butir  Kuning telur
1 sdm  Maizena
½ sdt Vanilla extract
Optional: 1 sdm  Rhum


Cara Membuat:
* Puding
1) Siapkan loyang puding, basahi dengan sedikit air dingin (agar nanti puding mudah dilepas). Tata jeruk mandarin di dasar loyang, sisihkan.

2) Aduk dalam panci (jika punya gunakan whisker): agar2, gula pasir, air. Rebus sampai mendidih, matikan api.
3) Tuang sedikit agar2 bening ke dalam loyang untuk mengikat jeruk.
4) Tuang Nutrisari ke dalam agar2 sambil terus diaduk sampai larut dan uap panasnya hilang.
4a) Beri pewarna kuning (optional)
5) Sementara itu di tempat terpisah kocok putih telur sampai kaku (hard peak). Kecilkan speed mixer, masukkan agar2 yang sudah hangat (hilang uapnya) sambil tetap dikocok sampai rata.
6) Tuang ke dalam loyang, dinginkan.


*Vla
1) Cairkan tepung maizena dengan sedikit susu, masukkan kuning telur dan vanilla extract, kocok rata. Sisihkan.
2) Rebus susu dan gula sambil diaduk terus sampai mendidih, kecilkan api.
3) Masukkan cairan maizena dan telur ke dalam rebusan susu, aduk cepat.
4) Biarkan sampai meletup, angkat, sambil terus diaduk2 hingga uap panasnya hilang.
5) Optional: tambahkan rhum.
6) Masukkan ke dalam kulkas supaya dingin.


Tips & Tricks:
- Agar mendapatkan kuning telur yang segar dan tidak mengeras karena mengantri, aku lebih suka membuat vla terlebih dahulu. Sementara itu, putih telur bisa disimpan sebentar di kulkas.
- Untuk mengikat jeruk kupas, gunakan sedikit saja agar2 bening. Jika terlalu banyak permukaan jeruk menjadi putih buram, kurang mengkilap.
 - Jika membuat agar2, cairan harus dijerang hingga mendidih benar, jika tidak agar2 tidak bisa mengeras dengan baik. Aduk2 agar2 supaya tidak ada bagian yang mengendap dan gosong di dasar panci.
- Untuk mendapatkan kocokan putih telur yang hard peak, wadah harus benar2 bersih dan bebas lemak. Setitik saja kotoran atau lemak akan membuat putih telur anda tetap cair (tidak bisa menjadi kocokan yang kaku). Kriteria hard peak adalah putih telur sudah kaku, jika wadah dibalik tidak jatuh / meleleh, dan warnanya putih kering (tidak mengkilap lembut seperti pada kondisi soft peak).
- Tunggu hingga adonan agar2 hangat (tidak beruap lagi) sebelum dicampur dengan kocokan telur. Untuk memudahkan pengadukan, turunkan konsistensi kocokan putih telur dengan 1-2 sendok sayur adonan agar2 (dipancing). Baru kemudian satukan kedua adonan dan dimixer hingga rata. Dengan cara ini diharapkan adonan agar2 tidak akan terpisah antara cairan dan padatannya.  
 
Paiton, 12 Desember 2010
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...