Saturday, December 18, 2010

Klappertaart (Versi Kering / Potong)

 Tahun 2009 aku pernah posting resep klappertart potong (atau aku sebut juga klappertaart versi kering, untuk membedakan dengan klappertaart Wilton yang cenderung creamy dan seperti puding).  Resep itu aku ambil dari buku dan aku masukkan ke blog supaya tidak hilang. Di luar dugaan ternyata banyak yang kirim email japri menanyakan pembuatan klappertaart jenis ini. Terus terang aku sempat kelabakan juga karena belum pernah praktek.


Kali ini aku sengaja meluangkan waktu untuk trial resep klappertaart versi kering ini. Ada beberapa bagian yang aku koreksi dan ada beberapa informasi yang aku tambahkan.

Mudah2an bermanfaat ya. (st)


KLAPPERTAART (Versi Kering)

:: Sumber: Demedia, dimodifikasi oleh Shirley ::


Bahan:
4 buah   Kuning telor
150 gram   Gula kaster (bisa diganti gula pasir diblender)
75 gram  Tepung terigu (aku pake Segitiga Biru)
25 gram  Tepung maizena
2 sdm   Margarin, lelehkan100 ml  Air kelapa muda
2 buah Putih telor
30 gram  Gula pasir

Optional:
1 sdt  Rhum
1 sdt  Kayu manis bubuk

Topping:
30 gram  Kenari, cincang kasar
30 gram  Kismis (jika kering, rendam dulu dengan air panas hingga mekar dan lembut)
1 buah  Kelapa muda, keruk mendatar dagingnya, seduh dengan air panas lalu tiriskan hingga kering (ini supaya degannya awet dan tidak mudah berlendir)

Cara Membuat:
1) Kocok kuning telor dan gula pasir sampai mengembang. Catatan: di sini adonan akan menjadi pasta kental, tidak sama dengan adonan sponge cake. Tidak perlu jambul petruk, cukup hingga kuning telor dan gula tercampur rata.
2) Masukkan tepung terigu yang sudah diayak bersama tepung maizena.
3) Beri margarin cair, air kelapa, kayu manis dan rhum (optional). Aduk rata. Sisihkan.
4) Kocok putih telur bersama 30 gram gula pasir sampai kaku dan gula larut. Campurkan ke dalam adonan klappertaart.
5) Sendokkan ke dalam pinggan tahan panas ukuran 20 cm bulat yang sudah disemir margarin sampai 3/4 penuh.
5) Beri daging buah kelapa muda, kenari cincang dan kismis di atasnya.
6) Panggang suhu 170 °C selama 40 menit atau hingga matang. Keluarkan dan dinginkan. Potong2 dan sajikan.

Hasil: 8-12 potong
Klappertaart
 
Paiton, 18 Desember 2010

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...