Saturday, March 21, 2009

Klappertaart Wilton

Klappertaart adalah makanan khas Manado. Konon makanan ini merupakan warisan dari masa penjajahan Belanda. Masuk akal juga sih kalo ditilik dari namanya. Jika diterjemahkan mungkin menjadi "kue kelapa", ya.

Dibanding resep jadulnya, Klappertaart Wilton menggunakan tepung custard dan bukan roti tawar. Penasaran juga aku untuk membuat makanan yang satu ini karena sering banget dibahas di milis. Masak cuman lihat fotonya aja :))

Dalam percobaan kali ini, aku terpaksa mengganti kenari dengan mente dan menghilangkan kismis (udah nyari2 tapi nggak ada stok). Next time aku pastikan kedua bahan itu ada. Manisnya susu dan citarasa telur yang kuat harus di-counter dengan rasa yang segar dan gurih yang disumbangkan oleh daging kelapa muda, kenari, kismis dan kayu manis. Kalo liat foto Klappertaart yang dibuat oleh almh Ruri, bikinanku kelihatan pucat, rupanya taburan kayu manisnya harus banyak.

Catatan: per 18 Desember 2010, foto sudah aku koreksi. Foto klappertaart perdana tetap aku simpan di posting ini sebagai kenang2an.

Satu resep standar menghasilkan hampir 2000 gram adonan (lapisan bawahnya saja), atau setara dengan 25-26 cup kecil. Jika mau, bisa ditambahkan daging degan dari 2 butir kelapa muda dan 3 buah kuning telor. Hasilnya tentu akan lebih banyak lagi.

Untuk acara arisan atau rapat, mengapa tidak mencoba klappertaart ini. Just drop me an email at dapur.solia@gmail.com or call at 0335-7646252. (st)

==========================

KLAPPERTAART WILTON
:: Sumber: blognya Riana ::



Bahan:


1000 cc Fresh milk
250 gr Gula kastor
50 gr Tepung terigu
50 gr Tepung custard
50 gr Maizena
150 gr Mentega
6 btr Kuning telur; note by Riana: bisa ditambah max 3 btr
2 btr Kelapa muda; note by Shirley: tambah 1-2 butir lagi
100 gr Kenari panggang cincang
Kayu manis bubuk dengan takaran sesuai selera
Optional: rhum (aku ganti dengan vanila cair)

Topping:

6 btr Putih telur
4 sdm Gula kastor
2 sdm Tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras dan ciprati rhum (aku pake vanila cair)
Kayu manis bubuk

Cara membuat:
(A) Lapisan pertama

1) Panaskan 800 cc fresh milk dan gula pasir
2) Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk (pastikan tidak ada yg bergerindil ya)
3) Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
4) Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
5) Masukkan kenari dan kayu manis bubuk dan rhum essence/pasta (gak pake rhum)
6) Masukkan kuning telur satu persatu
7) Masukkan kerukan daging kelapa muda, aduk rata
8) Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim (au bain marie) selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.

(B) Topping

9) Kocok putih telur dengan mixer, gula dimasukkan sedikit sedikit sampai kaku
10) Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
11) Semprotkan topping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk (kerjakan ini dengan cepat karena oven tetap menyala saat topping ditambahkan)
12) Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

Paiton, 21 Maret 2009
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...