Tuesday, October 12, 2010

Flaky Pizza


Akhir pekan lalu Naomi menagih janji: ma, kata mama mau bikin kue (semua penganan kecil apa pun bentuknya, di rumah kami dinamakan "kue"). OK deh Dek, kamu yang bikin ya. Dibilang begitu tentu saja Naomi semangat sekali.


Guna memberdayakan sisa pastry yang tinggal sepotong,  aku memilih resep flaky pizza dari buku Femina Primarasa dengan judul Pizza. Pepperoni nggak ada jadi aku substitusi dengan daging asap, oregano segar aku skip diganti dengan seledri cincang. Bahan2nya super mudah, bahkan anakku pun bisa membuatnya. Untuk menghindari resiko terluka, Naomi tidak menggunakan pisau tetapi gunting untuk memotong bahan2 topping.

  
Potongan puff pastry yang aku pake kemarin terlalu kecil (6 x 12 cm), semestinya aku patuh dengan resep saja (8 x 15 cm) supaya toppingnya bisa dapat banyak.

Soal rasa, berhubung menggunakan saos tomat (aku pake Prego) dan pastry jadi (Edo), menurutku sih rasanya terlalu standar. Kalau mau lebih enak, bisa pake pastry bikinan sendiri dan saos tomat dari resep spaghetti bolognaise (resepnya bisa dilihat di sini) plus tambahkan daun oregano segar cincang. Well, yang penting anak senang dulu bisa beraksi di dapur. Karena buatan sendiri dan disantap hangat, Naomi berselera sekali dan menghabiskan 6 potongan pizza ukuran mini. Papanya, aku dan 2 mbak yang di rumah cuman kebagian 1 iris per orang hehe.

Buat yang pengen praktek, ini dia resepnya. (st)

FLAKY PIZZA
 :: Sumber: Femina Primarasa (dengan modifikasi) ::



















Bahan2:
Margarin untuk mengoles loyang
375 gram  Puff pastry, siap pakai
½  resep dasar saus tomat (aku pake Prego)
50 gram  Cabai rawit hijau, iris melintang tipis (aku ganti dgn paprika hijau)
100 gram  Pepperoni (aku ganti daging asap Bernardi)
50 gram  Jamur kancing kalengan
200 gram  Mozarella
1 sdm  Oregano segar, cincang kasar (aku ganti seledri)
Optional: merica hitam digiling kasar


Cara Membuat:

1) Olesi loyang kue kering dengan margarin atau minyak goreng atau carlo. Panaskan oven pada suhu 200 °C.
2) Gilas puff pastry hingga setebal 1/2 cm. Potong2 puff pastry ukuran 8 x 15 cm.
3) Taruh puff pastry di loyang, beri jarak 2-3 cm. Masukkan ke dalam oven, panggang hingga mengembang dan matang (15 menit). Keluarkan dari oven.
4) Tambahkan cabai rawit (atau paprika) iris ke dalam saus tomat, aduk rata. Iris pepperoni / daging asap selebar 1 cm. Iris melintang jamur kancing. Parut kasar mozerella.
5) Ambil 1 buah puff pastry sudah dipanggang, olesi permukaannya dengan saus tomat. Atur pepperoni / daging asap dan jamur kancing di atasnya. Taburi keju mozarella dan oregano. Lakukan hal yang sama untuk semua sisa bahan.
6) Atur pizza di atas loyang. Nyalakan api atas oven. Masukkan loyang ke dalam oven, panggang hingga keju meleleh (5 menit). Keluarkan loyang dari oven. Sajikan selagi panas.
Hasil jadi: untuk 2-3 orang.

Paiton, 12 Oktober 2010
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...