Thursday, September 16, 2010

Kaastengel

Dari dulu nggak pernah makan kaastengel banyak-banyak. Pertama karena nggak bisa bikin, kedua nggak kuat beli karena harganya lumayan mahal untuk kantong anak sekolah/ kuliahan. Jadi cuman bisa menikmati kaastengel ini kalo lagi ngider pas lebaran. Itu dulu. Sekarang sih sudah bisa bikin sendiri. Makanya sengaja dilebihkan 2 toples dari orderan supaya bisa makan sepuasnya hehehe.

Ini tahun pertama aku bikin kaastengel. Melihat hasilnya, kayaknya tahun depan wajib dan kudu bikin lagi. Habis nagihin, hehehe. Aku pake resep dari milisnya NCC, konon sumber aslinya dari Sedap. Ada 2 versi: yang pake keju edam (yang dibungkus merah itu) dan yang pake keju parmesan. Untuk kali ini aku pake yang "tradisional" dulu, yaitu yang pake keju edam.


Bagi teman2 yang kesulitan mencari keju edam, untuk darurat bisa pake keju cheddar yang diparut (pake parutan pala) lalu diangin2kan supaya agak kering dan kriuk2. Masalah rasa emang nggak bisa mengalahkan yang pake edam. Jadi kalo ada kesempatan pake keju edam, pake saja, jangan disubstitusi.


Soal mentega, rasa2nya memang Wijsman masih nomor 1 untuk urusan kue kering. Ya aromanya, ya citarasanya. Beberapa teman mengganti dengan Corman. Aku belum pernah nyoba, katanya sih enak juga. Kalo kita mau menjual yang premium atau yang ekonomis, tinggal modifikasi di sini. Jangan heran jika ada kaastengel yang Rp 20rb-an tapi ada juga yang Rp 40rb, Rp 80rb atau bahkan di atas Rp 100rb. Penyebabnya kalo nggak di kejunya ya di lemaknya.

Untuk cara panggangnya, resep ini aku kombinasikan dengan tekniknya Pak Sahak yang dua kali panggang. Positifnya, kita terhindar dari hasil baking yang sudah matang di luar tapi mentah di dalam.


Yang butuh resepnya, lihat di bawah ya. (st)

KAASTENGEL
:: Recipe from: Milis NCC / Sedap :: 


Bahan2:
125 gram  Mentega
2 buah  Kuning telur
25 gram  Tepung maizena
150 gram  Tepung terigu
1/4 sdt  Baking powder 
100 gram  Keju edam, parut (atau keju parmesan, parut halus)
50 gram  Keju cheddar, parut atau potong memanjang (untuk hiasan)
1 buah  Kuning telur untuk polesan


Cara Membuat:
1) Kocok mentega dan kuning telur lalu masukkan keju edam yang sudah diparut
2) Ayak tepung maizena, terigu dan baking powder ke atas adonan, aduk rata
3) Bentuk memanjang (bisa pake cetakan kaastengel, atau bisa juga pake cetakan bunga). Tata di loyang, beri jarak.
4) Jika adonan menjadi lembek atau sedang antri masuk oven, bisa dimasukkan ke kulkas dulu
5) Panggang dengan panas 140-150 derajat C selama 15-20 menit. Keluarkan dari oven.
6) Kuaskan bahan polesan, hias dengan potongan keju cheddar.
7) Panggang kembali dengan api rendah hingga matang, kurang lebih 20 menit.
8) Biarkan hingga dingin, lalu tata di toples. 


Paiton, 16 September 2010



Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...