Wednesday, September 15, 2010

Yang Khas di Hari Raya: Nastar

Ah, kau memang menggoda!

NASTAR
 :: Recipe by: Fatmah Bahalwan ::

Bahan Kulit:
250 gr  Margarin
250 gr  Butter
100 gr  Gula halus (sebaiknya diblender untuk menghindari gula yang menggumpal)
4 btr     Kuning telur
700 gr  Tepung terigu (aku pake Kunci Biru dan Segitiga, 1:1)
4 sdm   Susu bubuk full cream

Bahan Selai:
Lihat bawah

Bahan Polesan:
3 btr     Kuning telur
1 sdt    Cookie glaze (catatan: aku ganti dengan 1 sdt madu)

Cara Membuat:
1. Aduk mentega, gula dan telur hingga rata (mixer speed 1 atau M, asal nyampur) -- catatan: aku pake cara campur semua dengan whisker, baru dimixer sebentar
2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk perlahan hingga tercampur rata
3. Ambil sedikit, bulat bulat, isi dengan selai nanas
4. Susun di loyang tipis, beri jarak satu dengan yang lain
5. Oven dengan suhu 14o deg C selama lk. 30 menit
6. Keluarkan dari oven, poles dengan bahan olesan, oven lagi hingga kuning mengkilap
7. Angkat, biarkan dingin, susun dalam toples, tutup rapat

Catatan: aku pake metode Pak Sahak Pribadi yang dua kali panggang. Tanpa dikuasi bahan polesan, panggang nastar sekitar 15-20 menit, keluarkan dan dinginkan. Kuasi nastar dengan bahan polesan (sebaiknya 2x kuasan supaya mengkilap rata dan polesan tidak lepas / terpisah dari nastarnya). Lanjutkan dengan panggangan tahap kedua sampai dengan nastar matang dan mengkilap.
      Selai Nanas

      Bahan:
      4 bh     Nanas palembang, haluskan
      200 gr  Gula pasir -- catatan: aku pake Gulaku yang diblender
      1 sdt     Garam
      1 potong   Kayu manis

      Cara Membuat: 
      Masak nanas halus bersama airnya, garam dan kayu manis hingga kering, tuang gula pasir, masak terus dengan api kecil hingga kering dan liat. Angkat.


      Catatan: untuk memastikan selai benar2 kering, selai yang sudah masak aku letakkan di atas selembar alumnium foil dan aku panggang dengan panas 100 deg C selama 10-15 menit. Tujuannya supaya selai lebih awet dan tidak cepat berjamur.

      Paiton, 15 September 2010 

      No comments:

      Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...