Sunday, June 14, 2009

Fruit Cake



Sudah beberapa hari aku dibuat nggak enak tidur. Gara-garanya ada pesanan untuk fruit cake dan aku belum menemukan resep yang pas dengan kebutuhan. Resep fruit cake yang banyak beredar umumnya bersumber dari Christmas fruit cake yang mengandung alkohol. Beberapa hari aku mengutak-atik resep fruit cake dari situs favoritku, namun tidak menemukan solusi yang pas (terlebih lagi jenis fruit cake karya Nigel Slater/ Stephanie Jaworski ini harus "diperam" dulu dalam kulkas selama beberapa waktu sambil sesekali disiram dengan brandy).

Sampai akhirnya aku menemukan kertas kursus NCC, dan di samping resep butter cake ada tulisanku sendiri: + 100-200 gram buah kering. Jrengggg! Ya ampun kok bisa lupa ya. Pound cake kan bisa dengan mudah dimodifikasi menjadi fruit cake. Jadi pengen niru gayanya Hanna Keluarga Cinta: eureka! *kedua tangan dikepalkan ke atas

Buka kulkas dan peti bahan, aku berhasil mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat fruit cake hasil imajinasiku. Mulailah proses pengocokan. Waktu memasukkan telur, suami sempat komentar: kok encer ya. Duh, jadi deg-degan. Apa karena ada parutan kulit jeruknya? Kalo gagal gimana ya, habis belanja dulu dong sebab persediaan yang ada pasnya untuk satu resep saja. Nekad aja deh, coba aja dulu.

Selama pengovenan, ruangan menjadi harum oleh aroma jeruk. Segar. Setelah cake jadi, tadinya aku nggak berminat untuk mencoba. Penyebabnya, aku kurang suka dengan citarasa kismis. Namun melihat suami mengunyah-ngunyah, kok sepertinya enak ya. Aku iris separuh dan kulahap. Ya amplopp, bener enak! Manisnya gula palem, segarnya jeruk keprok dan gurihnya kacang ternyata cocok. Jadi semangat deh jualannya hehe.

So, untuk teman-teman semua aku persembahankan: fruit cake ala Dapur Solia. Give it a try :))


FRUIT CAKE
:: Modified by Shirley ::



Bahan-bahan:

8 butir Kuning telur
6 butir Putih telur
250 gram Margarin
50 gram Gula pasir
200 gram Gula palem
250 gram Tepung terigu protein sedang

Untuk isian:

1 sdm Parutan kulit jeruk (aku pakai 1 buah jeruk sunkist)
1 bungkus kecil Sukade (isi 4 warna: hijau, kuning, merah, jingga)
100 gram Kismis, rendam dalam air hangat, setelah lunak tiriskan dan potong kecil-kecil, lalu taburi / aduk dengan sedikit terigu
40 gram Kacang tanah, oven selama 10 menit, cincang
20 gram Almond (remukannya saja tidak apa-apa, yang utuh dipakai untuk brownies :) )
1 kaleng kecil Jeruk kupas (aku pake merek Wilmond), ambil separuhnya untuk isian, sisakan separuhnya lagi untuk topping

Cara Membuat:

1) Siapkan loyang satuan kecil/ loyang muffin, letakkan paper case di atasnya.
2) Nyalakan oven, set di suhu 180 °C.
3) Kocok margarin, gula putih dan gula palem hingga tercampur rata.
4) Masukkan telur satu per satau, kocok lagi hingga menjadi adonan yang homogen. Matikan mixer.
5) Ayak terigu ke dalam adonan, aduk balik dengan spatula.
6) Masukkan 2/3 kacang tanah dan almond ke dalam adonan (sisakan sedikit saja untuk topping), aduk balik.
7) Tuangkan adonan ke dalam loyang satuan / loyang muffin.
8) Taburi masing-masing dengan kismis, sukade, sisa kacang, dan satu buah jeruk
9) Panggang selama ± 40-45 menit pada suhu 180 °C
10) Keluarkan, dinginkan. Saat menghidangkan, letakkan 1 buah jeruk di atasnya untuk pemanis.
Hasil jadi: 23-24 buah

Catatan:
- bahan isian boleh dimodifikasi dengan buah-buahan kering & kacang2an lain sesuai selera. Sebagai patokan, jumlah bahan isian kurang lebih 200 gram
- supaya kismis tidak ambles ke dasar adonan, aduk terlebih dahulu dengan sedikit terigu (± 2 sdm).

Paiton, 14 Juni 2009
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...