Sunday, June 14, 2009

Kroket Kentang

Demi mengembangkan usaha, aku memutuskan untuk lebih menekuni bisnis makanan kecil. Sebelumnya sempat terbayang kerepotan yang harus dijalani jika dibandingkan dengan membuat cake besar. Setelah dijalani, ternyata oke saja kok. Malah keluarga ikutan senang karena mereka juga mendapat "jatah preman" hehe.

Resep berikut ini kuambil apa adanya dari web NCC, tanpa modifikasi. Sengaja aku timbang dengan timbangan digital untuk meyakinkan bentuk yang seragam. Hasilnya kroket yang gede, mantap dan enak banget.

Sesuai resep NCC, selain kentang aku juga menambahkan tepung kentang (mashed potato). Fungsinya untuk memastikan adonan melekat dengan sempurna dan tidak pecah saat digoreng.


KROKET KENTANG ALA NCC
:: Recipe by Fatmah Bahalwan ::



Bahan Isi:

¼ kg Daging sapi, cincang, sangrai (tanpa minyak)
100 gram Wortel, kupas, rebus, potong halus
100 gram Buncis, buang serat2 di sampingnya, rebus, potong halus
2 sdm Bawang merah goreng
2 sdm Kecap manis
½ sdt Lada
½ sdt Vetsin
2 sdt Garam
1 sdm Gula

Cara Membuat Isi:

Tumis semua bahan dengan sedikit minyak


Bahan Kulit:


2 kg Kentang tes (bisa diperoleh di supermarket)
3 butir Kuning telur
2 sdm Mentega / butter
3 sdm Susu bubuk
250 gram Tepung kentang (bisa diperoleh di TBK)
½ sdt Chicken powder (aku pakai Maggy)
3 sdt Garam (peres saja)
½ sdt Pala
½ sdt Lada

Terigu untuk melapis
Kocokan putih telur
250 gram Tepung roti
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat Kulit:

1) Kukus kentang lalu goreng, haluskan
2) Campur dengan kuning telur, butter, susu bubuk, tepung kentang, chicken powder, garam, pala dan lada, aduk hingga rata benar. Cicipi untuk memastikan asin dan gurihnya cukup.
3) Ambil satu genggam adonan (± 35 - 45 gram), pipihkan, isi dengan bahan isi, bentuk bulat lonjong. Tips: gunakan sarung tangan plastik supaya lebih higienis dan tidak risih di tangan.
4) Gulingkan di tepung terigu, celup dengan putih telur, lalu gulingkan di tepung panir.
Tips: gunakan tangan kiri untuk mencelup ke putih telur, tangan kanan untuk memanir. Bantu dengan sendok makan untuk menyiram telur ke bulatan kroket. Dengan demikian kocokan putih telur tidak cepat kotor, tepung roti juga tidak banyak bergumpal.
5) Goreng dengan api sedang hingga kuning kecoklatan.

Hasil jadi: 36-38 potong, dengan berat per potong (adonan kentang saja, sebelum diberi isi) = 45 gram.


Tambahan tips:


- goreng kroket dalam minyak banyak sampai terendam seluruhnya. Jika bagian atasnya tidak terendam, akan terjadi perbedaan tegangan permukaan antara bagian bawah dan atas sehingga kroket akan "crack" saat dibalik.
- untuk penggorengan dalam jumlah banyak, gunakan dua buah wajan. Jika minyak pertama sudah banyak mengandung rontokan tepung, matikan api, pindahkan minyak ke wajan baru, sisakan remahan di wajan pertama lalu buang ke tempat sampah.
- jika ada kroket yang belum digoreng, letakkan dalam wadah plastik, tutupi dengan plastik cling wrap, masukkan freezer. Saat akan digunakan, biarkan (thawing) kroket hingga mencapai suhu ruangan, lalu goreng seperti biasa. Tahan hingga sekitar 1 minggu.

Paiton, 14 Juni 2009
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...