Wednesday, March 4, 2009

Sponge Cake ala Yongki Gunawan (Versi 1)



Sudah beberapa kali aku mendengar bahwa sponge cake ala Chef Yongki Gunawan itu top markotob, fleksibel untuk diolah dengan berbagai variasi rasa. Penasaran, aku berselancar di dunia maya. Ketemulah akhirnya dengan resep ini di situsnya kreasimaya (thanks ya Mbak). Resep ini menggunakan 10 buah kuning telor. Di tempat lain aku menemukan resep dengan tengara sama, sponge cake by Yongki Gunawan, but .... kuning telurnya 15! Wa wa wa... nyoba yang 10 aja dulu. Kalo gagal / bantat nggak nangis bombay.

Menurut Rina Rinso, resep sponge Yongki dengan 10 kuning telor ini pertama kali diperkenalkan ke NCC-er saat Tour de Toko (TdT) ke TBK Rossy. Maklum, sang chef adalah instruktur tetap di sana. Sedangkan resep sponge cake dengan 15 kuning telor sudah diperkenalkan lebih awal melalui milis oleh Bu Fatmah. Untuk mudahnya, kita sebut saja sponge cake 10 kuning telor sebagai sponge cake Yongki versi satu, dan 15 telor sebagai versi dua.

Setelah kucoba (yang versi satu, dibuat untuk base cakenya pesanan kue ultah, tanpa tambahan pasta sehingga warnanya kuning saja), wah .... memang nggak salah yang merekomendasikan. Sponge cake ini lembut sekali, rasanya manis gurih, tapi anehnya sangat lentur tidak mudah patah. Untuk bolu gulung dan dasarnya kue tart bakal cocok banget.

Yang menarik dari proses pembuatan sponge cake Yongki ini adalah pada pengolahan lemak. Untuk lemak dipakai mentega Hollman, butter dan margarin (aku nggak punya Hollman jadi cuman pake butter dan margarin saja), dicairkan lalu dibubuhi susu kental manis baru diaduk. Baru sekali ini aku mengetahui cara ini.

Buat yang minat mencoba, ini resepnya.


SPONGE CAKE ALA YONGKI GUNAWAN (Versi 1)
:: Disalin oleh Shirley ::


Bahan A:

10 butir Kuning telor
5 butir Putih telor
10 gram Emulsifier
150 gram Gula kastor
100 gram Tepung terigu protein sedang (Kunci Biru)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Tepung maizena

Bahan B:

50 gram Hollman butter
50 gram Room butter
50 gram Margarin
1 sdm Susu kental manis
Pasta (mocca, pandan dll sesuai selera)

Cara Membuat:

1) Kocok telur & gula hingg agak kental, masukkan emulsifier. Kocok hingga kental & mengembang.
2) Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula.
3) Cairkan butter & margarin (jangan sampai mendidih supaya tidak daya ikatnya tidak rusak), angkat dari api, tambahkan susu kental manis, aduk.
4) Tuang adonan B ke dalam adonan A, aduk balik.
5) Bagi menjadi 2 atau 3 adonan (sesuai jumlah layer / lapis cake yang diinginkan). Tambahkan pasta sesuai selera.
6) Tuang ke dalam loyang ukuran 22 tinggi 3-4 cm (loyang pendek).
7) Panggang selama 18-20 menit di suhu 175 °C hingga bagian atasnya kuning matang dan adonan tidak basah lagi (gunakan tes tusuk gigi).

Paiton, 4 Maret 209
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...