Tuesday, March 3, 2009

Butter Cake

Butter cake bertekstur padat dan mengenyangkan, sehingga cocok dijadikan "stand alone" cake seperti kue marmer ataupun cupcake. Sangat mudah menghapal bahan-bahan butter cake karena takaran ketiga bahan utamanya (mentega-gula-terigu) sama-sama 250 gram. Perhatikan bahwa karena butter cake tidak menggunakan emulsifier, maka kocokan adonannya tidak bisa kental sekali (jambul petruk) tetapi mengalir seperti pita.

Guruku selalu mengatakan bahwa butter cake adalah cake anti gagal. Beliau sudah mulai membuatnya sejak usia 12 tahun. Aku percaya karena memang sejak pertama mulai pegang mikser, aku belum pernah gagal membuat butter cake. So, kalau Anda pemula di bidang baking, mengapa tidak mencoba membuat cake pertama Anda berdasarkan resep ini? (st)


BUTTER CAKE
:: Sumber: Kursus Dasar NCC ::


Bahan:

8 butir Kuning telor (± 160 gram)
6 butir Putih telor (± 180 gram)
250 gram Mentega
250 gram Gula pasir
250 Tepung terigu protein sedang/ rendah

Cara Membuat:

1) Kocok mentega dan gula hingga pucat dan mengembang. Masukkan kuning telor satu per satu sambil terus dikocok hingga rata.

2) Masukkan terigu dengan cara diayak, aduk rata.

3) Di tempat lain yang kering dan bersih, kocok putih telor hingga hard peak, campurkan pada adonan mentega, aduk balik hingga menjadi adonan yang homogen.

3) Tuang ke dalam loyang tulban / cincin yang telah diolesi lemak & ditaburi sedikit terigu.

4) Panggang pada suhu 180 °C selama 45 menit atau hingga matang.


Catatan:

- Butter cake mudah sekali dimodifikasi menjadi berbagai varian seperti cake tape (tambahkan 400 gram tape yang sudah dihaluskan & 2 sdm SKM), fruit cake (tambahkan 100-200 gram buah-buahan kering), dll.
- Dalam melakukan modifikasi resep, penambahan bahan kering akan mengurangi bahan kering lain, penambahan bahan basah akan mengurangi bahan basah lain.
- Susu cair (jika digunakan) tidak dapat digantikan dengan susu kental manis atau susu bubuk yang diencerkan.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...