Tuesday, March 3, 2009

Sponge Cake

Mudah saja menandai apakah sebuah cake tergolong sponge cake ataukah butter cake. Jika yang dikocok pertama kali adalah mentega dan gula, inilah yang dinamai butter cake. Jika telur dan gula bertemu lebih dahulu, itu disebut sponge cake. Bisa saja dua resep memiliki bahan yang kurang lebih sama, tetapi dengan proses yang berbeda maka akan didapat hasil yang berbeda pula. Sponge cake cenderung lebih lembut dibandingkan dengan butter cake sehingga disukai untuk "base" kue ulang tahun dan berbagai-bagai kue lainnya. Dimakan langsung tentu saja tetap enakkk! (st)


SPONGE CAKE
:: Sumber: Kursus Cake Dasar NCC ::

Bahan:
8 butir Telur utuh (ukuran medium, satu butir telur = 20 gr yolk & 30gr white egg)
200 gram Gula pasir kastor (berbutir lembut, bukan gula halus)
225 gram Tepung terigu protein sedang (Segitiga atau Kunci Biru)
Catatan: pada resep sponge cake coklat, kurangi takaran terigu menjadi 175 gr, tambahkan 25 gr bubuk coklat dan 25 gr maizena)
1 sdm (± 15 gram) Emulsifier (TBM/ Ovalet/ Starkist/ dll maks 2% dari berat adonan)
100 gram Margarin dilelehkan (gunakan api kecil, jgn sampai mendidih krn akan merusak ikatan molekul bahan)

Cara Membuat:
1) Kocok telur & gula sampai naik, masukkan emulsifier, kocok lagi hingga kental (jika diangkat dari mixer adonan seperti jambul petruk)
2) Tuang terigu dengan cara diayak, aduk balik sampai rata.
3) Tuangkan mentega cair, aduk balik hingga rata. Pastikan tidak ada endapan mentega di bagian bawah baskom karena akan membuat cake menjadi bantat.
4) Tuang ke dalam loyang sesuai kebutuhan. Oven hingga matang pada suhu 180 °C, kurang lebih selama 45 menit.
5) Jika akan dipergunakan untuk cake ultah, bagi adonan menjadi 2 lalu panggang (spy tidak perlu mengiris). Jika tidak akan dipergunakan untuk layered cake, gunakan loyang chiffon. Satu resep ini cukup untuk 1 loyang chiffon ukuran 24 cm.


Paiton, 3 Maret 2009
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...