Saturday, February 21, 2009

Triple Chocolate Cheese Cake


Ini hasil percobaan dengan Triple Chocolate Cheesecake. Resep dari kompas.com kumodifikasi sedikit di bagian cheese cream (pake krimcis gadungan). Sisanya nurut abis. Eh enggak juga ding, sponge cake coklatnya tanpa mentega cair karena kelupaan! Ingatnya pas adonan sudah masuk oven. Walah, akhirnya pasrah ... liat aja ntar gimana jadinya. Waktu sponge cake dikeluarkan dari oven tidak ada keanehan. Cuman sponge cakenya bener2 sponge, ringan sekali. Apa itu efeknya adonan nggak dikasih mentega ya.

Anyway. Cake dibuat dengan loyang bulat 22 cm, setelah matang didinginkan lalu dimasukkan ke loyang bongkar pasang (springform pan) ukuran 22 cm juga. Ternyata eh ternyata, setelah dingin cakenya menciut, jadi nggak fit di loyang bongpasnya (kekecilan). Rundingan dengan hubby, akhirnya coba deh dikelilingi mika di bagian dalam loyang bongpasnya (kayak bikin cake tiramisu). Sayang mikanya ketipisan jadi mleot. Setelah kemudian resep kubaca ulang, rupanya sponge cake ini aslinya dibuat di loyang kotak.

Ya sudah nekad aja. Tuang adonan white chocolate cheese cream, masukkan freezer. Selang beberapa lama, tuang lagi adonan milk chocolate cheese cream, bekukan lagi. Terakhir DCC cheese cream. Tutupi dengan plastik cling wrap, bekukan sampai pagi.

Subuh-subuh aku bongkar loyang bongpasnya, aduuuuh, ternyata terjadi betulan ketakutanku. Base cake yang kekecilan menyisakan jarak di kiri kanan, sehingga waktu dituangin cairan jadi nggak bisa rapi membentuk 3 layer seperti seharusnya. Foto terlampir. Sampai situ udah males banget mau nerusin tapi hubby kasih semangat, masak udah sebegini nggak diselesaikan. Akhirnya aku taburin bubuk coklat sekedarnya. Whipcream kocok aku coba bentuk kerang koma tapi kok nggak mau lengket dengan cakenya ya. Entah whipcreamnya terlalu padat (kurang air) atau kena bubuk coklat itu sehingga nggak bisa lengket. Setengah putus asa, aku kasih hiasan tutul-tutul saja pake whipcream (Bu Fat, maaaaffff nggak bisa mengamalkan ilmu kursus hiks hiks). Sisa strawberry dari hari kemarin aku taruh di atasnya + 3 butir cherry hijau bertangkai.

Cake ini aku bawa ke kantor dalam rangka makan siang perpisahan salah seorang rekan yang akan mengambil cuti hamil selama 3 bulan. Makan siangnya di sebuah rumah makan yang agak jauh dari kantor, di siang bolong. Udah cemas juga kalo cakenya "cair". Ternyata lumayan kok, setelah makan siang selesai, cakenya masih kokoh. Cuman waktu motong yang terakhir2, udah agak lembek kena hawa panas.

Soal rasa, uenak sekali. Gimana nggak enak, isinya coklat, cheese cream, mentega, susu, whip cream, cake coklat, semua yang enak2 dan sangat berlemak! Untukku yg nggak suka manis, nikmatnya terasa di 5 sendok pertama saja habis gitu mblengerr.

Bos melontarkan komentar: "Shirley, this cake is very, very, very nice!" Sepotong cake yang aku bawa pulang untuk Naomi juga disambut dengan antusias, dinamai dia sebagai "kue es krim". Senang juga dipuji begitu, tapi aku nggak akan sering2 membuatnya. Bisa kacau diet orang serumah!


TRIPLE CHOCOLATE CHEESE CAKE
Penulis: Nuraini W
Link: http://kompas.co.id/read/xml/2008/12/31/12222158/triple.cheese.cake
Modifikasi by Shirley




Bahan A:
1 bh sponge cake cokelat (ukuran sesuaikan dengan loyang bongkar pasangnya)

Bahan B:
3 lembar gelatin, potong-potong
60 ml air

Bahan C:
170 gr Keju cheddar, diparut
170 gr Susu cair UHT
60 gr Mentega unsalted
(di resep aslinya menggunakan cheese cream 400 gram)

Bahan D:
200 ml whipped cream, kocok sampai kaku
125 ml susu cair
150 gr gula kastor

Bahan E:
60 gr white cooking chocolate, lelehkan
60 gr milk cooking chocolate, lelehkan
60 gr dark cooking chocolate, lelehkan


Cara membuat:

1. Siapkan base cake sponge coklat sesuai resep andalan Anda, atau Anda bisa menggunakan resep di bawah. Layer pertama ini tidak wajib dibuat dari sponge cake, bisa juga dari remukan wafer coklat + mentega + gula, diaduk rata lalu dicetak langsung di loyang bongpas. Be creative!

2. Alasi loyang bongpas dengan plastik mika. Taruh sponge cake chocolate di dasar loyang.

3. Tim Bahan B (gelatin + air) hingga larut, sisihkan.

4. Aduk Bahan C menjadi satu, tim selama 5 menit di dandang berisi air mendidih hingga larut dan menjadi cairan yang
homogen. Ini yang kita sebut "krimcis gadungan".

5. Kocok krimcis hingga lembut, masukkan susu & gula kastor ke adonan keju. Berikutnya tambahkan gelatin sedikit sedikit dan whipcream kocok, aduk rata.

6. Bagi adonan menjadi 3 bagian (jika perlu gunakan gelas ukuran). Campur masing-masing bagian dengan 1 macam chocolate leleh, aduk rata.

7. Tuang adonan white chocolate di loyang, masukkan dalam freezer. Setelah bagian atas mengeras, tuangkan adonan milk
chocolate, simpan kembali dalam freezer. Terakhir, tuangkan dark cooking chocolate.

8. Simpan dalam freezer, tutup atasnya dengan plastik cling wrap.


Resep untuk Sponge Cake Coklat

Bahan:
4 btr Telur
100 gr Gula kastor
¼ sdt Vanili
60 gr Margarin cair
15 gr Coklat bubuk
75 gr Tepung terigu serbaguna
¼ sdt Baking powder

Cara membuat:
1. Kocok telur dan gula sampai kental dan putih.
2. Masukkan tepung sambil diayak sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
3. Terakhir masukkan margarin cair aduk rata.
4. Tuang ke dalam loyang diameter 24 cm tinggi 3-4 cm. Panggang dalam oven selama ± 35 menit dengan panas 170° Celcius.
5. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, dinginkan di rak kawat.
Catatan:
- Cake ini akan menciut setelah dingin. Karena itu gunakan loyang bongpas yang lebih kecil dari loyang cakenya, misal ukuran 22 cm.
- Jika perlu, pagari cake dengan mika atau kertas roti agar tiap lapisan rapi dan tidak mbleber.


Paiton, 22 Februari 2009


Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...