Saturday, April 1, 2017

Mocca Nougat Cake alias Bolu Moka Jadul (with recipe)

Ini dia pesanan Dondon buat dikirim ke pakliknya. Pakliknya Dondon ini tinggal di kotaku, sementara sahabatku ini menetap di Surabaya. Tidak ada acara khusus sebenarnya, makanya aku juga santai mengerjakannya hehehe *guilty-as-charged!

Resep mocca nougat cake ini aku ambil dari resepnya Bu Lanny yang disalin ulang oleh Camelia. Berhubung tanpa rhum aromanya agak kurang kuat, tapi lumayan ketolong dengan pemakaian esens Seruni mocca yang tersohor itu. Lagipula, krimnya sudah lembek sekali, agak kuatir kalau ditambahi cairan malah makin lemas.

Buat yang butuh resepnya bisa lihat di bawah ini ya.

MOCHA NOUGAT CAKE
by Lanny S
(dari buku Cake Populer ala Singapura)

Bahan I
8 btr kuning telur
50 gr gula pasir halus (kastor)

Bahan II (campur dan ayak)
150 gr terigu protein rendah (misal kunci)
1/2 sdt baking powder

Bahan III (campur jadi satu)
100 ml susu cair
100 ml minyak sayur

Bahan IV
250 ml putih telur
100 gr gula pasir
1/2 sdt cream of tar-tar
1/2 sdt garam

Bahan V (cream)
250 gr mentega putih
125 gr margarine
200 ml susu kental manis putih
2 sdm mocca pasta

Bahan VI (nougat)
200 gr gula pasir
200 gr kacang tanah, panggang, tumbuk kasar (aku pake kacang tanpa kulit dioven 20 menit suhu 125C, tapi kok terlihat pucat. Mungkin mendingan pakai kacang yang ada kulitnya)

Cara membuat:
- Bahan IV : Kocok putih telur hingga setengah mengembang. Masukkan gula pasir, cream of tar tar dan garam, kocok kembali hingga mengembang, tapi tidak terlalu kaku.
- Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan gula larut. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diselingi dengan bahan III, aduk berlahan dengan spatua hingga rata.Tuang bahan IV, aduk hingga tercampur rata.
- Tuangkan adonan kedalam 2 buah loyang diameter 20 cm yang telah terlebih dahulu dioles dengan sedikit margarin hingga rata.
- Panggang dalam oven dengan suhu 160C - 175C selama 20 menit hingga matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan.
- Campur dan kocok bahan V menjadi satu hingga tercampur rata dan mengembang, sisihkan.
- Bahan VI : sangrai gula pasir hingga meleleh dan berwarna kuning kecoklatan. Masukkan kacang tanah, aduk rata. Tipiskan di dalam loyang tang telah diolesi dengan sedikit minyak pada saat selagi panas, dinginkan. Haluskan.
- Ambil 1 lembar cake, olesi dengan bahan V hingga rata, taburi dengan bahan VI. Tumpuk dengan cake, beri lagi dengan bahan V dan bahan VI. Lakukan hal yang sama untuk cake yang selanjutnya, terakhir, taburi seluruhnya dengan bahan VI. Hias sesuai selera. (st)

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...