Sunday, January 19, 2014

Puding Kentang Gula Merah (with recipe)

Ide untuk membuat puding ini karena kastamer ingin memesan puding tapi tidak suka dengan rasa susu. Awalnya pusing juga karena kebanyakan resep puding yang beredar rata-rata menggunakan susu cair. Sampai dengan H-2 masih nggak yakin mau bikin apa, padahal orderan sudah diokekan (dan pembayaran sudah lunas hehe). Beruntung malam itu aku ngobrol dengan Mimi Itul, bakuler Gresik. Mimi mengusulkan untuk mencoba puding kentang. Kentang? Serius? Emang bisa?

Kata Mimi puding kentang rasanya enak dan lembut. Aku percaya dan mulai browsing. Akhirnya nyasarlah aku ke blognya Mbak Hesti HH dan menemukan resep puding kentang biskuit. Penampilannya sungguh menggiurkan --dua layer warna kuning dan cokelat-- tapi sayang layer keduanya masih tetap menggunakan susu cair. Sampai di sini aku memutuskan untuk mengadopsi resep puding kentang yang layer 1 saja.

Blogwalking tahap 2 membawaku ke resep puding gula merahnya Mbak Ricke Indriani. Resep ini konon sempat booming beberapa waktu yang lalu. Bahannya bebas susu dan jika dieksekusi dengan benar cairan puding yang dihasilkan tidak "pecah" santannya. Warnanya pun cokelat cakep, sepertinya cocok dijadikan substitusi puding cokelat.

Persoalannya rasa puding kentang dan puding gula merah itu jodoh enggak ya? Berbekal nekad dua resep ini aku kombinasikan dan ternyataaa ..... soulmate banget! Berasa mak comblang sukses hihihi. Setelah delivery aku cross check dengan sang kastamer, dan dia setuju. Cihuy!

Puding Kentang Gula Merah

Nggak suka dengan rasa susu? Oke dengan citarasa gurih santan dan gula merah? Kalau begitu cobain deh resep yang satu ini. Dijamin nggak menyesal. (st)

PUDING KENTANG GULA MERAH
:: Inspired by: Hesti HH dan Ricke Indriani
:: Modified by Shirley
Puding Kentang Gula Merah

Bahan-bahan:
Bahan I (Puding Kentang):

200 gram Kentang kukus, diblender (jika suka puding agak tinggi bisa ditambah sampai 400 gr)
200 gram Gula pasir
1 buah Telur utuh ditambah 2 buah Kuning telur
1½ sdm  Margarin, dilelehkan
150 ml Susu Kental Manis (aku pakai Frisian Flag Gold) dicairkan dengan 150 ml air
25 gr  Tepung terigu
25 gr  Maizena
½ sdt Vanili
Margarin secukupnya untuk polesan loyang
Terigu sedikit untuk taburan loyang

Bahan II (Puding Gula Merah):

300 gr  Gula merah, sisir halus, rebus dengan 100 ml air hingga mencair, lalu saring
800 ml  Santan kental (bisa dibuat dari 400 ml santan kental instan + 400 ml air)
1/4 sdt  Garam (sejumput saja)
2 butir  Telur ayam utuh, dikocok lepas (pilih yang baru dan masih kental)
1 pak (= 7 gr) Agar-agar bubuk warna putih
¼ sdt  Vanili bubuk
5 lembar  Daun pandan, cuci bersih dan dibuat simpul
Opsional: 1 sdm Gula pasir (jika kurang manis)

Alat yang diperlukan:
Loyang tanpa sambungan diameter 22 cm
Mika roll  sepanjang 66 cm
Alas kue
Panci
Sutil kayu
Kukusan / langseng
Hand mixer

Cara Membuat:
1) Siapkan loyang, polesi dasarnya dengan margarin agak tebal, taburi sedikit tepung
2) Puding kukus kentang: kocok telur, guka dan vanili sampai kental dan putih. Masukkan berturut-turut sambil tetap dikocok kecepatan rendah: kentang, larutan susu SKM dan margarin cair. Kocok pelan sampai tercampur rata.
3) Masukkan tepung terigu dan maizena, aduk rata.
4) Tuang di loyang diameter 22 cm (atau loyang kotak 20 x 20 x 7 cm) yang sudah dipoles
5) Kukus selama 30 menit. Angkat, keluarkan dari loyang, letakkan di atas alas kue.
6) Pasang mika roll di sekeliling puding kentang (agak ketat supaya rapi), rekatkan dengan selotip
7) Puding gula merah: masukkan cairan santan ke dalam panci, tambahkan cairan gula merah dan garam, aduk rata. Masukkan telur, agar-agar dan vanili bubuk, aduk rata. Masukkan daun pandan yang telah diikat simpul.
8) Masak cairan agar-agar dengan api kecil, aduk searah secara perlahan dan konstan. Jika ada buih / gelembung udara, sisihkan dengan menggunakan saringan.Ketika mendidih pertama, langsung matikan api (supaya permukaan puding bisa bagus dan tidak terlalu banyak gelembung). Aduk-aduk sampai uap panasnya berkurang.
9) Tuang adonan puding gula merah ke atas puding kentang dan dinginkan. Jika ada gelembung yang tidak diinginkan segera tusuk dengan tusuk sate bersih.
10) Dinginkan di kulkas dan hias sesuai selera.

Tips dan Trik:
- Kualitas gula merah mempengaruhi warna dan kadar kemanisan puding. Sebelum dimasak, cicipi dulu cairan puding untuk memastikan rasanya sudah pas.
- Kunci memasak puding adalah: sabar. Mengaduk adonan, mencetak, membuat layer memang membutuhkan waktu.
- Puding kentang agak sulit dijadikan puding cup karena harus dikukus terlebih dahulu. Alternatifnya bisa menggunakan cup aluminium foil atau ramekin
- Puding gula merah sebaliknya sangat mudah dijadikan puding cup. Jika suka, tambahkan kerukan kelapa muda. Takaran: 200 gram per resep atau sesuai selera. Satu resep bisa dijadikan 15 cup kecil jika tanpa degan, 20 cup kecil jika dengan degan. Kalau cupnya agak besaran hanya bisa dijadikan 10-12 cup saja.

Paiton, 19 Januari 2014
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...