Thursday, December 12, 2013

Soes Isi Vla (with recipe)

Soes Vla

Siapa yang tidak kenal kue sus? Mungkin ada saja tapi juarangggg (pakai 'g' yang banyak). Entah di pesta kampung atau di bakery hotel berbintang, yang namanya soes ini sudah biasa mondar-mandir dengan berbagai variasinya. Kalau kelaparan pas di Bandara Soeta Cengkareng, siapa yang nggak suka ngemil Beard Papa's? Huhuhu, rasanya wenakkk, meski ngantrinya panjang dan bikin tambah laper, tetap aja dibela-belain.

Resep soes yang aku share kali ini aku ambil dari bukunya NCC. Karena pengen cangkang yang kokoh kayak soes jadul, jumlah telur aku modif dari 4 jadi 3 (sama dengan 150 gram), bahan yang lain tetap. Hasilnya oke, kokoh seperti yang aku bayangkan.

Untuk fillingnya, selain resep original NCC, aku juga mencantumkan resep vla vanilla kreasi Sedap yang menggunakan whipcream. Resep ini aku temukan di blognya Mbak Lisa Donna (thanks for sharing ya Mbak). Aku juga diizinkan Mbak Mimi Itul untuk menulis filling vla andalan yang biasa dia gunakan dan jadi favorit pelanggan-pelanggannya. Suwun yo Mi. Semoga dengan adanya alternatif ini teman-teman bisa memilih mana yang paling cocok dengan selera pribadi masing-masing.

OK silakan dicoba. (st)

SOES ISI VLA
:: Resep: Fatmah Bahalwan ::

Soes Vla  

Bahan:
225 ml  Air
100 gr  Margarin
1 sdm  Gula pasir
125 gr  Tepung terigu protein tinggi
150 gr Telur utuh (resep aslinya minta 4, aku pake cuma 3)

Cara membuat:
Kulit:  
1) Rebus air, margarin dan gula hingga mendidih.
2) Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis (halus dan tidak lengket). Angkat dan dinginkan.
3) Setelah dingin, masukkan telur satu per satu sambil dikocok dengan hand mixer hingga kental dan rata.
4) Semprotkan adonan ke atas loyang kue kering yang telah diolesi margarin. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu tinggi (200 °C) hingga mengembang, kokoh, dan tidak berbuih lagi. Catatan: Jangan buka oven selama proses pemanggangan untuk mencegah adonan kolaps.
5) Angkat dan sisihkan. Setelah dingin, gunting sedikit di salah satu sisi untuk tempat memasukkan vla.

(A) Vla ala NCC
Bahan:
700 ml  Susu cair
150 gr  Gula pasir
50 gr  Tepung maizena
¼ sdt  Garam
2 buah  Kuning telur
1 sdm  Mentega
Optional: rhum secukupnya (bila suka)

Cara Membuat:
1) Larutkan tepung maizena dengan sebagian kecil susu. Kocok sebentar kuning telur di wadah terpisah, larutkan dengan sedikit susu, satukan dengan larutan maizena. Sisihkan.
2) Rebus sisa susu dan gula hingga mendidih, tuang campuran tepung maizena-kuning telur, didihkan sekali lagi hingga meletu-letup dan matang. Matikan api. Tambahkan mentega (dan rhum), aduk rata.
3) Masukkan vla ke dalam plastik segitiga. Siap digunakan sebagai isian soes.

(B) Vanilla Cream ala Sedap
(dari Buku Kreatif Pastry Lezat dan Lengkap / Lisa Donna)

Bahan:
250 ml  Susu cair
75 gr  Gula pasir
3 sdm  Tepung maizena
1/8 sdt  Garam
2 butir  Kuning telur
1 batang Vanilla pod, keruk isinya
300 gr  Whipped cream cair (atau 100 gr whipped cream bubuk + 200 ml air es), kocok sampai soft peak

Cara Membuat: 
1) Vanilla krim: campur kuning telur dengan maizena, tambahkan sedikit susu cair (± 6 sdm), aduk rata sampai tercampur semuanya. Sisihkan.
2) Rebus susu bersama gula dan garam sambil diaduk. Jaga jangan sampai mendidih. Masukkan campuran kuning telur, aduk rata. Masak sampai meletup-letup. Masukkan vanilla bean, aduk rata. Matikan api. Dinginkan vla sambil sesekali diaduk agar tidak berkulit.
3) Tambahkan whipped sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Dinginkan.

(C) Vla ala Mimi Itul
Bahan:
100 gr Gula pasir
20 gr  Terigu
15 gr  Maizena
400 ml  Susu cair
1 buah  Kuning telur
1 sdt  Vanila pasta atau rhum bakar (optional)
2 sdm Butter / mentega

Cara Membuat:
1) Aduk semua kecuali butter, masak sampai kekentalan yang diinginkan. Setelah meletup-letup, angkat dari api, masukkan butter, aduk rata.
2) Dinginkan di kulkas. Kalau ingin rasanya lebih enak bisa dimasukkan ke kulkas tetapi tekstur akan lebih padat. Bisa langsung dipakai.

Soes Vla

Paiton, 12 Desember 2013
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...