Saturday, September 10, 2011

How to Crumb Coat a Cake

Seringkali ketika kita melihat sebuah cake yang cantik, kita terheran-heran bagaimana cara si pembuat melakukannya. Guru saya selalu menekankan pentingnya empat elemen ini: (1) bahan yang bagus, (2) alat yang baik, (3) resep yang teruji, (4) ketrampilan yang memadai. Setiap tindakan yang kita lakukan untuk memperbaiki / meningkatkan salah satu elemen di atas bisa dipastikan akan membuat cake atau makanan yang kita hasilkan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

Posting kali ini mengulas sebuah langkah kecil dalam dekorasi cake yang esensial tetapi terkadang dilupakan: bagaimana melakukan crumb coating. Crumb, atau remah-remah, akan mengotori buttercream jika tidak "diikat". Crumb coating perlu dilakukan untuk menghasilkan icing yang bersih dan rapi.

Sebelum mengerti mengenai cara melakukan crumb coating, aku suka gemes dengan black forest bikinanku. Cake yang basah dan warna crumb yang gelap sering menodai buttercream / whicpream yang aku pake. Akibatnya cake jadi berbintik-bintik hitam. Setelah mengerti cara melakukan crumb coating, kesalahan yang sama tidak terulang lagi.

Crumb coating dilakukan setelah:
- cake diratakan (leveling)
- cake dibelah (torting)
- cake diberi isian (filling)
- cake disusun (layering)  
- pinggiran cake dipangkas (trimming)

Silakan baca ringkasannya di bawah yaaa. (st)

HOW TO CRUMB COAT A CAKE
:: Diringkas oleh Shirley dari berbagai sumber ::

(1) Letakkan cake di atas alas kue lalu pangkas pinggirnya supaya rapi (di-trim). Geser2 hingga cake berada tepat di tengah2. Naikkan ke atas meja dekor yang bisa diputar (lazy suzan).

01a trimming

2) Poles bagian samping cake dengan buttercream. Untuk memudahkan, gunakan plastik segitiga atau spuit besar pipih ketika melakukannya. Setelah bagian samping selesai, lanjutkan dengan bagian atas.
Catatan: jangan memoles terlalu banyak karena tujuannya hanya untuk mengikat remah2 saja.

02a poles sisi cake

3) Ratakan buttercream dengan menggunakan spatula. Buang buttercream yang berlebih.

03a ratakan

4) Masukkan cake ke dalam kulkas bawah selama 20 hingga 30 menit.  
Catatan: sebaiknya tidak dimasukkan ke kulkas atas karena permukaan akan menjadi basah dan berair ketika dikeluarkan (hal ini dikarenakan suhu di dalam freezer jauh berbeda dengan suhu ruangan).

5) Setelah buttercream (BC) menjadi keras, keluarkan dan lanjutkan memoles dengan buttercream sampai seluruh permukaan cake tertutup rata. Untuk coating kedua ini gunakan buttercream lebih banyak dan tebal supaya warna asli cake tertutup seluruhnya. Lakukan secara cepat supaya lapisan BC yang pertama tidak keburu lunak dan bercampur dengan lapisan kedua.
05a selesai

Tips and Tricks:
1) Selipkan potongan kertas roti atau kertas HVS bersih di antara cake dan alas kue untuk mengurangi noda pada alas kue. Catatan: cabut kertas ini ketika cake sudah selesai dipoles.

2) Untuk menghasilkan cake yang geometris, selalu trimming sisi2nya sebelum dicrumb coated. Untuk cake berbentuk kotak, gunakan pisau gergaji (serrated knife).

Serrated Knife

3) Gunakan spatula, yaitu pisau berujung bulat dan tidak tajam, untuk memoles BC. Pilih spatula berkualitas baik, tidak lentur dan panjangnya sesuai dengan cake yang akan didekor.
Spatula

4) Jika ada bagian yang tidak sempurna pada bagian sudut, tutupi dengan hiasan untuk border. Motif yang biasa digunakan a.l. motif kerang biasa, kerang kerang vertikal, kerang lilit, kerang berdiri, kerang tumpuk, stringwork dll.

5) Practice makes perfect. Jam terbang membuat tangan kita semakin trampil.

Paiton, 10 September 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...