Saturday, July 30, 2011

KBB # 24: Rich Chocolate Tart

Rich Chocolate Tart
Setelah terpaksa dua kali skip dari tantangan KBB karena berbagai alasan, aku membulatkan tekad untuk menyelesaikan tantangan KBB yang ke-24 ini dengan baik. Temanya: "Rich Chocolate Tart". Demi mendapatkan rasa yang istimewa, aku bahkan mengeluarkan harta karunku, yaitu coklat impor 62% (meskipun untuk kekurangan 50 gramnya akhirnya aku campur juga dengan DCC Collata). Tidak semewah Valrhona tetapi cukup memberikan sensasi beda dari coklat yang biasa kupakai sehari-hari.
Rich Chocolate Tart
Dark Cacao
Dark Cacao
Tidak ada kesulitan yang berarti dalam persiapannya. Aku sempat putar otak bagaimana caranya memasukkan pastry ke cetakannya tanpa membuat adonan pastry tercabik-cabik. Akhirnya asisten mencoba menyisipkan tatakan cake ke bawah plastik yang kujadikan alas mengadon pastry lalu membaliknya ke atas cetakan. Ide ini berhasil dengan baik.
Chocolate Pie
Ketika mencicipi adonan filling, aku sempat merasa ada yang kurang. Rasanya monoton manis dan coklat. Akhirnya adonan filling ini aku campuri dengan kacang tanah panggang yang diblender kasar dan remukan kacang almond. Rasanya menjadi jauh lebih enak, ada sensasi gurih dan klethis-klethis. Hanya saja adonan filling menjadi berlebih dan meluap ketika dimasukkan ke kulitnya.
Rich Chocolate Tart
Setelah berbulan-bulan melulu membuat cake untuk dijual, ada kepuasan tersendiri membuat dessert ini. Baking for the sake of baking. A real pleasure.
Rich Chocolate Tart
Rich chocolate tart ini mengubah pandanganku tentang coklat. Sebelumnya aku menganggap coklat adalah bahan berasa manis yang cukup dimakan beberapa gigitan saja (aku punya riwayat amandel, mengkonsumsi makanan manis berlebihan membawa efek yang menyakitkan bagi tenggorokan). Dessert ini lebih berasa coklat yang agak pahit namun memberi sensasi yang menyenangkan.  
Tasting

Untuk yang ingin mencoba, berikut resep asli dan modifikasiku ya. (st)

RICH CHOCOLATE TART
:: Sumber: Best Food: Desserts.
The Australian Women Weekly ::
Rich Chocolate Tart

PASTRY
Bahan:
185 gram  Tepung terigu (protein rendah)
25 gram  Coklat bubuk
55 gram  Icing sugar mixture (gula halus)
150 gram  Mentega dingin, cincang
2 buah  Kuning telur
1 sdt  Air dingin

Cara Membuat:
Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk food processor (aku pake blender dibantu spatula), lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.
Blender
Panaskan oven, suhu sedang (moderate).

Giling adonan [astry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24 cm (aku pake diameter 22 cm) yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi-sisinya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan2 ke sisi2nya lalu ratakan pinggirnya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an / beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.
Baking the Pie

CHOCOLATE FILLING
Bahan:
4 buah  Kuning telur
2 buah  Telur utuh
55 gram  Gula caster (aku pake gula pasir yang diblender)
80ml  Krim kental
300 gram  DCC, lelehkan
1 sdt  Ekstrak vanilla
Modifku:
30 gram  Kacang tanah, oven 10 menit di suhu 150 °C, blender kasar
20 gram  Kacang almond diremukkan

Bahan:
Setelah pastry selesai, lalu turunkan panas oven hingga rendah (moderately slow).

Kocok kuning telur, telur dan gula caster  di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak vanilla. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang / set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk (aku skip yang ini karena di bagian atas sudah aku beri beberapa keping almond panggang). Hidangkan.
Rich Chocolate Tart

Untuk 10 porsi
Loyang: loyang pie bongkar pasang ukuran  24 cm
Suhu panggang: 170 °C untuk kulit, 150 °C untuk filling

** Di sela-sela tantangan KBB # 24 ini, ada berita duka yang datang dari Mbak Arfi Binsted. Ayahanda tercinta meninggal dunia setelah menderita sakit beberapa lama. Ikut belasungkawa ya Mbak Arfi.

Update 2 Agustus 2011:
Cihuy, udah turun nih logo lulusnya. Makasih ya Mbak Rita Desyanti, Mbak Ade dan Mbak Arfi. 

Link: Klub Berani Baking: Round Up KBB#24: Rich Chocolate Tart



Paiton, 30 Juli 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...