Monday, May 9, 2011

Marble Cake for Ms E.H.

Marble Cake
Di sela-sela pelatihan kantor aku berkenalan dengan manajer pelatihan dari pihak penyedia. Setelah ngobrol ngalor ngidul, tahulah dia kalau aku adalah bakul kue rumahan. Tiba-tiba dia bilang, "Mbak, aku pesan marble cake ya. Untuk bekal pas pulang ke Jakarta. Berangkatnya jam 6 pagi nih."

Setelah malamnya tidur cepat karena kondisi tubuh tidak fit, pukul dua malam aku terbangun. Rupanya alam bawah sadarku mengingatkan kalau ada orderan yang belum dikerjakan. OK, siap beraksi. Proses pengerjaan berjalan cepat, yang lama adalah acara menimbang bahan dan mengecek FB-nya hahaha. Pukul setengah 6 pagi, marble cake yang fresh dan lezat sudah sampai di tangan pemesannya untuk dinikmati sebagai sarapan pagi.

Marble cake buatanku sedikit naik dan meletus di bagian tengah. Ini memang sering terjadi jika kita memanggang menggunakan loyang tinggi (7 sampai 8 cm). Salah satu alternatif solusinya bisa dengan menggunakan loyang tulban. Dengan cara itu panas oven bisa penetrasi ke tengah adonan dan adonan bisa matang secara merata serta naik bersamaan. Cara lain adalah dengan menggunakan loyang yang lebih pendek (4 sampai 5 cm).
Marble Cake
Untukku karena aku memang mengharapkan cake yang tinggi, permukaan yang naik itu kuatasi dengan meletakkan loyang kosong yang diberi beban berat (paling enak pake uleg2 batu) selama beberapa waktu di permukaan kue. Hasilnya, permukaan yang tidak rata bisa kembali cantik.

Resep di bawah ini adalah untuk 2 loyang loaf (sama dengan 20-22 potong). Kalau untuk dimakan sendiri, cukup buat 1/2 resep saja. Resep asli diambil dari simple marmer cakenya NCC, dengan modifikasi minor saja olehku. (st)

MARBLE CAKE
:: Inspired by Fatmah Bahalwan, Modified by Shirley ::
Marble Cake
Bahan-bahan:

150 gram Mentega / butter (aku pake Orchid)
150 gram Margarin
190 gram Gula pasir
6 butir Telur utuh
2 butir Kuning telur
300 gram Tepung terigu protein rendah
2 sdt Baking powder
2 sdt Coklat bubuk

Cara Membuat:
1) Campur terigu dan baking powder. Aduk rata dan sisihkan.
2) Kocok butter dan margarin hingga lembut. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok sampai adonan berwarna pucat, tercampur rata dan mengembang.
002 mixing marble cake
Campuran mentega dan margarin dikocok hingga lembut
03 mentega menjadi fluffy
Mentega/margarin yang telah dicampur dengan gula dikocok hingga mengembang ringan dan berwarna pucat
3) Dalam kondisi mikser tetap menyala, masukkan telur satu per satu.
4) Matikan mikser. Masukkan terigu dengan cara diayak sedikit demi sedikit (sekali masuk, cemplungkan 1/4 dari total jumlah terigu). Mikser dengan kecepatan M atau speed 1 yang dinyala-hidupkan beberapa kali.
5) Sisihkan 4 sendok makan adonan di mangkuk, aduk bersama dengan coklat bubuk.
6) Tuang adonan ke dalam dua loyang loaf ukuran 20 x 10 x 8 cm (boleh juga dengan ukuran 22 x 10 cm).
7) Sendokkan adonan coklat ke bagian atas adonan. Kacau sedikit ke atas & ke bawah untuk menghasilkan pola marble. Bisa juga menggunakan tusuk sate atau sumpit yang digerakkan memutar searah / berlawanan jarum jam.
Marble Cake - Ready to bake
8) Panggang dengan suhu 180 °C selama 40 menit. Tes tusuk untuk memastikan bagian dalam adonan sudah matang seluruhnya.
9) Potong2 dan hidangkan.

Tips & Trick:
- Untuk memudahkan gula bercampur dengan mentega, gula bisa diblender dulu.
- Ketika mengocok mentega dan gula, seringkali mentega terlempar ke dinding baskom atau tersangkut di whisker. Kembalikan mentega ke dasar baskom dengan menggunakan spatula.
- Hasil kocokan buttercake tidak akan setinggi sponge cake. Kocok secukupnya sampai mengembang tetapi jangan sampai overmix (yaitu kondisi di mana padatan dan cairan mentega terpisah)
- Ketika mengocok terigu, jangan terus menerus dan jangan menggunakan kecepatan tinggi. Jika dilanggar, dijamin cake Anda akan keras atau bahkan bantat.
- Setelah dites tusuk dan tidak ada adonan yang menempel, pindahkan loyang ke rak atas dan panggang lagi selama 5 menit. Ini untuk memastikan permukaan cake tidak basah dan mudah lepas.
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...