Wednesday, February 16, 2011

Pavlova (Made from Egg White)

Pavlova. Cantik namanya, cantik pula penampilannya. Dibuat dari meringue (putih telur yang dikocok dengan gula dan dipanggang pada suhu rendah). Supaya cantik, panggang pada suhu maksimum 130 °C selama kurleb 90 menit. Dengan cara ini akan dihasilkan cake meringue dengan bagian luar yang krenyes dan bagian dalam yang chewy seperti marshmallow.

Resep diambil dari situs Joy of Baking. Takaran gula sudah aku kurangi supaya tidak terlalu manis dan cocok dengan lidah Indonesia. Cara membuatnya mudah, ada juga videonya di Youtube.

Aku membuatnya dengan porsi personal supaya mudah dikonsumsi sebagai snack untuk coffee break. Karena basenya sudah berasa manis, toppingnya bisa dikombinasikan dengan buah2an yang memiliki rasa masam. (st)

PAVLOVA
:: Recipe by Joy of Baking - Modified by Shirley ::
Pavlova

Bahan2:
120 gram (=4 buah) Putih telur
175 gram Gula kaster super halus (gula pasir diblender)
1/2 sdt Vanilla extract
1 sdt Cuka
1/2 sdm  Tepung maizena


Topping:
75 gram  Whipcream bubuk non dairy -- dikocok dengan:
100 ml Air es (bisa ditambahi sampai 150 ml supaya tidak terlalu kental)
Buah2an segar, potong kasar sesuai selera

Cara Membuat:
1) Panaskan oven pada suhu 130 °C.
2) Potong kertas roti sesuai ukuran loyang. Gambar lingkaran dengan diameter 18cm (utk ukuran besar) atau diameter 6.5 cm (utk ukuran personal) di kertas roti. Balik dan pasang di loyang.
3) Kocok putih telur dengan kecepatan medium sampai mencapai soft peak.
4) Kucurkan gula pasir blender sedikit demi sedikit sampai habis. Ambil sedikit, rasakan dengan ujung jari apakah sudah tercampur dengan baik ataukah masih membutir. Kocok sampai hard peak dan tercampur rata.
5) Masukkan vanilla extract. Kocok sebentar.
6) Masukkan cuka, aduk dengan spatula.
7) Ayak tepung maizena, aduk dengan spatula.
8) Oles meringue mengikuti bentuk pola. Untuk bulatan kecil2, aku memakai piping bag.
9) Panggang pada suhu 130 °C selama 60 sampai 90 menit sampai warna berubah menjadi krem pucat (patokan bukan waktu tetapi hasil jadi karena panas oven berbeda2).  Jika sudah berubah warna, matikan oven dan biarkan di dalam oven (catatan: pavlola yang langsung aku keluarkan menjadi agak lengket. Sebaliknya pavlola yang dibiarkan di dalam oven tetap krenyes sampai waktunya dipakai)
10) Letakkan meringue di piring atau alas kue, poles dengan whipped cream, hias dengan buah potong. Sebaiknya pavlova dikonsumsi tidak lama setelah dihias karena meringue akan menyerap cairan dari whipped cream dan buah dan menjadi lembek.

Paiton, 17 Februari 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...