Monday, December 27, 2010

Bolu Kukus Mambo

Pas ada teman pesan snack, aku bikinkan bolu kukus mambo. Resepnya ambil dari buku NCC yang 60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal. Nahh .. pas nimbang telur aku melakukan kesalahan. Berhubung sayang menyisihkan putih telur, aku ganti sebagian kuning telurnya dengan putih telur. Hasilnya cake yang dihasilkan seperti lapis putih telur, banyak remahnya. Kesalahan lain aku menambahkan sedikit pewarna merah untuk layer yang paling atas. Ternyata hasil warnanya norak. Aku prefer warnanya soft saja.

Kesimpulannya, next time patuh pada resep aja deh hehe. (st)

BOLU KUKUS MAMBO
:: Recipe by Fatmah Bahalwan ::


Bahan2:
6 buah  Telur utuh
2 buah  Kuning telur
250 gram  Gula pasir
½ sdt  Vanili bubuk
½ sdt  Garam
1 sdt  Cake emulsifier 
175 ml  Santan kental (aku pake Kara yang diencerkan dengan sedikit air matang)
200 gram  Tepung terigu protein sedang
1 sdt  Pasta pandan
1 sdt  Pasta strawberry
1 sdt  Pasta lemon
1 sdt  Pasta coklat


Cara Membuat:
1) Siapkan loyang 22 x 22 x 8 cm, poles lemak, beri alas kertas roti ("parchment paper"), poles lagi, taburi sedikit tepung.
2) Panaskan dandang kukusan, biarkan beruap banyak.
3) Kocok telur, gula pasir, garam, cake emulsifier dan vanili hingga mengembang dan kental. Masukkan tepung terigu sambil diayak secara bertahap, aduk rata.
4) Tuangi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
5) Bagi adonan menjadi 4 bagian, tiap bagian diberi pasta yang berbeda. Catatan: supaya tiap lapis tebalnya seimbang, gunakan timbangan digital untuk membagi adonan sehingga sama rata
6) Tuang adonan coklat ke dalam loyang, kukus selama 10 menit. Tuang adonan kuning, kukus selama 10 menit. Demikian seterusnya hingga adonan terakhir, kukus kembali selama 20 menit hingga matang. Angkat.
7) Dinginkan, keluarkan dari loyang, potong2.
8) Sajikan.


Paiton, 26 Desember 2010

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...