Saturday, November 6, 2010

Pastel Basah



Aku suka banget makan pastel resep jadul. Selama ini yang banyak dijual yang ada isi sounnya, beda dengan pastel basah yang biasa aku makan sewaktu tinggal di Banjarmasin dulu. Makanya dari dulu kepingin bikin sendiri tapi baru kali ini keturutan.

Resep yang aku pake ini hasil nyontek dari resepnya NCC. Kebetulan ada sisa putih telur sedikit plus udang mini, jadi aku cemplungkan sekalian. Hasil praktek yang pertama kulitnya kurang tipis. Inilah akibatnya kalo malas mengeluarkan alat penggiling hehe. Ceritanya yang pertama kali ini semuanya serba manual, mulai dari bikin adonan kulit sampai mencetaknya.


Meskipun pemula banget dan belum jago, aku beranikan untuk membuat dokumentasi step-by-stepnya, siapa tahu bermanfaat. Sekalian memberdayakan tripod murah meriah baru nih hehe. (st)


PASTEL BASAH
:: Recipe: Fatmah Bahalwan (NCC) ::

Bahan2:
Tepung terigu untuk taburan meja
2 butir  Telur rebus, kupas, iris tipis


Isi:
3 sdm  Margarin untuk menumis
4 buah  Bawang putih, rajang halus
10 butir  Bawang merah, rajang tipis
150 gram  Daing ayam giling
75 gram  Wortel, potong dadu
75 gram  Buncis, potong ½ cm
1 sdt  Garam (atau sesuai selera)
1 sdt  Merica bubuk (atau sesuai selera)
1 sdt  Gula pasir
100 cc  Susu cair
2 batang  Daun bawang, iris halus (aku skip, lagi kosong)
3 batang  Seledri, iris halus
Tambahan dari aku:
100 gram  Putih telur, kukus dan potong kotak (optional saja, garam tolong disesuaikan)
40 gram  Udang kecil, buang kepala saja
Putih telur secukupnya -- untuk mengelem kulit (optional)

Kulit:
* aku dobel 2x dari resep asli karena pengen kulit yang gede

500 gram  Tepung terigu (idealnya protein sedang, tapi aku pake rendah + sedang)
80 gram  Margarin leleh
200 cc  Air hangat kuku
1/8 sdt  Garam
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1) Isi:
- Tumis bawang putih hingga harum, masukkan bawang merah, masukkan daging ayam dan udang hingga berubah warna, aduk rata
- Setelah berubah warna, masukkan wortel, buncis, garam, merica, gula. Tuang susu cair, masak hingga matang dan cairan tinggal sedikit.
- Masukkan putih telur potong kotak, daun bawang dan seledri. Aduk, angkat.

2) Kulit:
- Sangrai terigu sebentar, tuang ke baskom, biarkan supaya uap panasnya hilang
- Lubangi di tengahnya, masukkan margarn, garam, air hangat, aduk hingga rata
- Siapkan cetakan mie, gilas sampai tebalnya sekitar ¼ cm (ini aku tulis untuk yang punya alatnya, kalo nggak bisa digilas manual dengan rolling pin, jangan lupa mejanya ditaburi tepung supaya nggak lengket)

- Cetak bulat sesuai selera (pastel uk. sedang diameternya sekitar 10-12 cm)

- Letakkan bahan isi

- Rapatkan samping2nya. Bantu dengan polesan putih telur (jika perlu)


- Setelah jadi, goreng dengan minyak panas sedang.

Hasil jadi: 
15-16 buah ukuran besar
24 buah ukuran sedang

Tips & Tricks:
- Untuk masalah tepung, aku pakai tepung protein sedang sedikit plus tepung protein rendah banyak. Ternyata glutennya banyak yang terbentuk juga. Kalo suka kulit yang renyah, ada baiknya tepung disangrai saja dulu supaya kadar airnya berkurang. Kemudian menggilingnya juga secukupnya saja supaya kulit tidak menjadi liat.
- Jika ingin mencicil, bisa membuat isinya terlebih dahulu, lalu timbang bahan2 untuk kulit. Besoknya dilanjut dengan acara membuat adonan kulit, mencetak, mengisi dan menggoreng.
- Untuk pesanan dalam jumlah banyak, simpan pastel dalam keadaan setengah matang (sudah digoreng tapi belum berubah warna). Ini untuk mencegah kulit menjadi lemas dari menyerap cairan dari adonan isi.

Paiton, 6 November 2010
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...