Wednesday, November 3, 2010

Nasi Goreng Tom Yam

Agnes Mariesca menemukan resep berikut dari Femina dan membaginya denganku. Percobaan pertama nggak tanggung2, aku bikin 6 resep sekaligus untuk acara doa di rumah. Rasanya enak, terutama ketika masih panas. Ada asin, kecut, pedas, berbumbu khas tom yam.


Sekedar kilas balik. Pertama kali aku mencicipi nasi goreng tom yam di sebuah pujasera di Bukit Bintang Plaza (KL). Tempatnya di basement, lampunya tidak terlalu terang, AC-nya juga tidak dingin, siapa nyana masakan2 yang dihasilkan dari penggorengan mereka enak2.

Yang bikin aku surprise setelah mencoba resep ini adalah tanggapan Naomi. Ternyata dia suka, padahal takaran jeruk nipisnya sudah aku tambahi supaya lebih kecut. Lihat deh ekspresinya :)


 Buat yang mau coba, berikut resepnya ya. (st)

NASI GORENG TOM YAM
:: Inspired by Femina (Ed. 34/2006)
:: Modified by Shirley


Bahan2:
3 sdm  Minyak untuk menumis
2 siung Bawang putih, cincang halus
2 sdm  Air jeruk nipis (boleh ditambahi sesuai selera)
1 buah  Kaldu blok (misal Maggi), hancurkan
100 gram  Udang ukuran sedang, kupas kepala & kulit, sisakan ekornya
75 gram  Jamur merang, bersihkan, potong membujur jadi 4 (ini aku skip)
600 gram  Nasi putih (sebaiknya bukan nasi yang baru matang krn akan terlalu lembek)

Tambahan dari aku:
100 gram  Cumi segar, bersihkan, dipotong bulat
1 lembar  Daun jeruk purut, dirajang halus
2 sdm  Kecap ikan

Bumbu Dihaluskan
(bisa diulek atau pakai blender)

4 buah  Cabai merah keriting (aku pake cabe besar)
5 buah  Cabai rawit merah (boleh ditambah sesuai selera)
2 batang  Akar ketumbar (aku skip)
1 lembar  Daun jaruk purut, iris2
1 batang  Serai, ambil bagian putihnya, iris halus
1 sdt  Terasi udang, bakar
1 sdt  Garam (atau sesuai selera)
Tambahan dari aku:
1 ruas jari  Lengkuas / laos, bersihkan, potong kecil supaya mudah diblender

Pelengkap:
Daun ketumbar (aku skip)
Telur dadar, iris halus

Cara Membuat:
1) Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum
2) Masukkan bumbu halus, aduk rata, tumis hingga harum dan matang
3) Masukkan air jeruk nipis dan kaldu bubuk, aduk rata. Tambahkan udang, cumi dan jamur. Masak hingga berubah warna dan jamur layu.
4) Masukkan nasi, aduk. Masukkan rajangan daun jeruk purut. Bubuhkan kecap ikan. Masak hingga rata dan nasi agak kering. Angkat.
5) Sajikan hangat bersama pelengkap.

Hasil jadi: 4-5 porsi

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...