Thursday, May 6, 2010

Bolu Gulung Mini


Sewaktu kopdar di awal tahun, Yuri bawa mini roll cake yang enak banget. Usut punya usut beliau cerita kalo resep ini terinspirasi blueberry roll cakenya Bunda Inong yang dibentuk mini. Selain bentuknya jadi imut, harganya juga jadi lebih ekonomis.

Ada 2 metode mengocok adonan sponge cake, yaitu gula & telor dikocok dahulu, atau metode all-in-one, yaitu semua bahan dikocok bersamaan terkecuali lemak. Nah, resep ini menggunakan metode yang terakhir. Untuk orderan dalam jumlah banyak, jadinya praktis sekali, tinggal cemplungin semua bahan, setelah kental berpita, masukkan lemak, aduk balik sedikit, siap masuk loyang & dipanggang.

Aku bikin banyak untuk acara tasyakuran khitan tetangga kompleks. Dikemas dalam mika satuan, ditempeli stiker yang lucu, siap dijadikan tanda mata para tamu yang hadir.

Ohya, roll cake ini juga aku pake untuk base cake kue ultah. Lembutnya sama dengan sponge cake Yongky tapi lebih bandel dan nggak mudah bantat. Cuman harus di-trimming dulu karena kulitnya cenderung melembung dan bikin jelek. Menurutku sih kurang cocok dijadikan cupcake karena permukaannya kurang rata. Soal rasa, lembut banget. Enyak enyak enyak.

Thanks to alm Bunda Inong dan Yuhria Ningsih yang udah memperkenalkan aku dengan resep yang satu ini ya. Udah jadi duit lho, Bun! (st)


MINI ROLL CAKE
:: Recipe by Bunda Inong, modified by Yuri ::



Bahan2:

7 butir Kuning telur
4 butir Putih telur
80 gram Gula pasir
1 sdm Emulsifier (utk resep ini aku pake SP)
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Maizena
1 sdm Air
50 gram Terigu
1 sdt Baking powder
65 gram Butter atau margarin, lelehkan
1 sdt Pasta vanilla

Bahan isian:

Selai blueberry Paletta (aku ganti dengan selai stroberi)
Keju cheddar parut

Cara membuat:

1) Panaskan oven di suhu 200 °C. Poles loyang dengan lemak, lapisi kertas roti, beri lemak lagi dan taburi sedikit tepung
2) Campur semua bahan menjadi satu (kecuali butter & pasta vanilla), kocok sampai lembut dan kental (dgn heavy duty mixer sekitar 12-15 menit)
3) Tambahkan butter/ margarin leleh dan vanilla, aduk rata
4) Tuang ke dalam loyang
- Bunda Inong pake 1 loyang pendek 20 x 20 cm
- Yuri pake 1 loyang pendek 22 x 30 x 3 cm
- Aku pake 2 loyang pendek 30 x 10 x 3 cm (yg biasa dipakai untuk bropang)
5) Panggang dengan suhu tinggi selama 15 menit
6) Keluarkan dari oven, balik ke atas serbet bersih, gulung. Diamkan sampai bolu sudah sedikit dining, buka gulungan serbet, poles selainya, gulung lagi dengan ketat.
7) Satu resep menghasilkan 2 gulung roll cake ukuran sedang atau 6 buah mini roll cake.




Tips & trick:
- Untuk mempercantik kulit, bisa dibuat motif batik. Caranya ambil sedikit adonan, beri pasta coklat / mocca, masukkan ke dalam piping bag, gunting ujungnya, buat jalur2 diagonal di atas adonan kuning yang sudah dituang ke dalam loyang. Torehkan tusuk gigi / tusuk sate di arah diagonal sebaliknya (seperti membuat motif sarang laba2 pada cheese cake)


- Bolgul adalah sponge cake yang dipanggang dalam bentuk tipis. Untuk mendapatkan cake yang matang namun moist dan mudah digulung, gunakan panas tinggi, letakkan loyang di rak paling atas, panggang dalam waktu yang tidak terlalu lama (sekitar 15 menit). Ini berbeda dengan sponge cake biasa yang membutuhkan panas sedang (180 °C) dan waktu panggang yang lebih lama (± 35 menit)


- Untuk menggulung bolu, lakukan dalam keadaan masih panas. Jika menunggu dingin, kulit luar bolu gulung tidak bisa merenggang dan akan retak.


- Jika kulit bolu menempel di kertas roti penggulung atau serbet, itu tandanya pemanggangan kurang sempurna (kurang kering). Koreksi ini pada percobaan memanggang berikutnya.


- Selamat mencoba yaa...



Paiton, 6 Mei 2010
dapur.solia@gmail.com
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...