Thursday, January 21, 2010

Aneka Kreasi Canape



Sepertinya sebelumnya pernah kutulis, tidak ada batasan dalam kreasi canape. Beberapa resep canape yang kubaca cukup sederhana, sehingga terkadang aku mendapat kesan canape tak ubahnya sandwich dalam bentuk mini yang lebih cantik. Ada yang punya pendapat berbeda?



Seorang teman milis memberiku resep2 canape ini. Selain cracker, roti (plain & toasted), telur, ada juga canape yang memanfaatkan waffle dan kentang yang dibelah. Karena aku berpegang pada prinsip seyogyanya canape memiliki cita rasa asin, aku mengabaikan resep yang menggunakan whipping cream. Hmm, mungkin suatu hari aku akan berubah pikiran :)



Canape dijual dalam nampan sehingga kecantikannya terekspos. Dapur Solia mengenakan minimum order 20 buah untuk canape. Semakin banyak jumlahnya, semakin banyak kreasi yang bisa diciptakan sekalipun digunakan bahan2 yang sama.



Salah satu bahan canape yang aku pelajari kali ini adalah kentang puree. Bahan2nya sangat simpel namun nikmeh, Sodara! Pada akhirnya hanya sedikit mayonaise yang terpakai karena rasa dari kentang puree ini tidak kalah enaknya.

Untuk yang berminat, ini resepnya.

CANAPE TELUR KENTANG PUREE
Recipe by: Tim Boga GPU
Modified by: Dapur Solia



Bahan2:
4 buah Telur ayam ukuran besar, rebus selama 10 menit, dinginkan lalu kupas bersih
Daun selada secukupnya

Untuk kentang puree:
250 gram Kentang, belah dua lalu kukus selama 20 menit atau hingga matang
1 sdm Susu bubuk
1 sdm Mentega (aku pake Anchor)
1/5 sdt Garam (atau sesuai selera)
1/4 sdt Merica putih (atau sesuai selera)
Sedikit paprika atau daun peterseli untuk hiasan
Optional: keju parut (tanpa keju pun rasanya sudah enak)

Cara membuat:
1) Belah dua semua telur, pisahkan kuningnya di wadah terpisah
2) Potong2 kentang, blender beberapa detik. Cemplungkan mentega, garam, merica, susu bubuk, kuning telur rebus. Cicipi. Koreksi garam & mericanya supaya sesuai dengan selera. Masukkan ke plastik segitiga.
3) Letakkan putih telur rebus di cake case. Letakkan sepotong selada, semprot pure kentang ke atasnya. Hias dengan daun peterseli dan/atau paprika.

Catatan: gunakan potongan tomat jika canape langsung dikonsumsi. Jika ada tenggang waktu cukup lama antara pembuatan dan waktu menyantap, hindari penggunaan tomat karena memberi rasa kecut dan cenderung 'merusak' cita rasa bahan yang lain.

Canape cantik ini dipesan oleh Atiek untuk teman-teman di General Affairs. They must love having her as an alumni! Ini reaksi teman2 GA setelah menerima kiriman canape.




Paiton, 21 Januari 2010
By Dapur Solia
HP: 0811354270

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...