Saturday, August 15, 2009

Macaroni Schotel

Tiba-tiba terima sms dari kastamer, minta dibuatkan macaroni schotel untuk snack meeting. Seperti biasa, langsung hunting resep yang paling oke dan nemu resep macaroni schotelnya Ine. Kalau baca testimoninya, wah mestinya rasanya oke banget. Note: aku selalu lebih percaya pada resep teman sendiri yang diposting di blog, apalagi yang difoto dengan kamera pocket (kelihatan alami sih) daripada resep media yang tidak ketahuan siapa koki ujinya.

Salah satu kesulitan baking berdasarkan resep baru adalah menentukan satu resep bakal jadi berapa porsi. Untuk itu, biasanya aku menjumlahkan semua bahan padat + telur, lalu bagi dengan bilangan antara 70 hingga 100 gram (tergantung jenis penganannya). Misal sebuah resep berat bahan mentahnya adalah 1400 gram, maka aku asumsikan satu resep akan cukup untuk 14 hingga 20 porsi (kira2 saja). Untuk amannya, selalu aku tambahi barang setengah resep. Toh nanti sisanya bisa dijual eceran atau dinikmati sendiri.

Resepnya Ine didasarkan pada satu resep = 250 gram macaroni mentah. Karena satu kemasan "Macaroniku" berisi 200 gram, aku hitung ulang semua bahan-bahannya berdasarkan berat satu pak.

Prinsip resepnya Ine ini matangkan semua bahan saat dikukus, lalu panggang sebentar dengan api atas untuk mengeluarkan aroma kejunya. Karena baru pertama kali testing api atas, baru deh ketahuan kalo panasnya nggak merata. Walhasil dalam satu kali pemanggangan ada sebagian yang kejunya jadi kecoklatan, ada yang kejunya sudah mengering tapi warnanya tetap kuning muda. wah, wah, wah, harus kenalan lagi nih dengan Mrs Oven Gas.

Soal rasa? Jangan ditanya. Sisa macaroni schotel yang aku jual di kantor langsung ludes kurang dari satu jam. Malah ada satu teman yang sepagian langsung makan 3 cup macaroni schotel ditemani dengan sambal botol. Duhh, itu lapar atau doyan :)

Thanks for sharing ya, Ne. (st)

Update per 11 Jan 2011:  aku ganti fotonya ya. Biar lebih cantikk :))


MACARONI SCHOTEL
By: Ine Elkaje



Bahan-bahan:

160 gram Daging giling spesial (sedikit lemak)
80 gram Bawang bombay dipotong kecil2
2 sdm Margarine

200 gram Macaroni elbow (aku pake 'Macaroniku"), rebus 3/4 matang ± 7 menit, beri sedikit minyak goreng/ zaitun supaya tidak lengket
160 gram Keju, potong dadu ½ x ½ cm (jgn terlalu kecil, kalo kegigit kejunya, enak'e pol)
72 gram Sosis, belah dua, potong tipis 3 mm (ini setara dengan 2½ buah sosis Bernardi)
200 gram (=4 butir) Telor utuh
320 ml Susu cair (aku pake Ultra UHT plain)

1½ sdt Garam (atau sesuai selera)
1 sdm Gula (atau sesuai selera)
½ sdt Pala (atau sesuai selera)
½ sdt Merica (atau sesuai selera)

Bahan Topping Saus Putih:
(saran: buatnya lebihkan saja, penampilannya bakal lebih oke kalo toppingnya lebih banyak)

0.8 sdm (= 12 gram) Margarin
1.6 sdm (= 24 gram) Tepung terigu
200 ml Susu cair
Garam (sejumput)
Merica (sejumput)
160 gram Keju cheddar, parut panjang (Bu Lisa usul ini diganti dengan melted cheese)

Cara Membuat:

1) Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga layu, masukkan pala, daging giling, tumis lagi hingga matang.

2) Masukkan ke tumisan daging: macaroni, keju potong dadu, sosis, telor. Bumbui dengan garam, gula, pala, merica. Tuang susu. Cicipi rasanya. Jika sudah pas, maka adonan siap untuk dituang ke wadah (ada baiknya dibiarkan sebentar supaya susu terserap oleh makaroni).

3) Tuang ke pinggan tahan panas atau ke cup aluminium kecil. Kukus selama 30 menit. Sisihkan.

4) Panaskan margarin, masukkan terigu, aduk2 hingga rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sampai diaduk cepat supaya tidak membutir. Masukkan garam dan merica.

5) Tuang topping putih ke atas adonan macaroni. Ratakan. Taburi dengan keju parut.

6) Panggang dengan api atas selama 10-15 menit hingga keju menguning dan beraroma enak.

7) Hidangkan dengan sambal botol.

Hasil jadi: 20 cup @ 70 gram (dihitung adonan macaroninya saja, belum termasuk topping dan keju).
================

Catatan: 
Aku re-post resep aslinya Ine bagi mereka yang perlu takaran untuk 1 loyang alfoil besar (kurleb 19 x 24 cm).

Macaroni Schotel
:: Recipe by Ine Elkaje ::

Bahan2:
250 gr Macaroni elbow, rebus 3/4 matang
200 gr Keju, potong dadu 1/2X1/2 cm
3 buah sosis, belah 2, potong tipis 3 mm
100 gr daging giling special (sedikit lemak)
400 cc susu cair
5 butir telur
1 butir bawang bombay, potong kecil kecil
2 sendok makan margarine
garam, gula, pala, merica

Topping Saus Putih:

1 sdm margarine (1 sendok munjung)
2 sdm tepung terigu
250 cc susu cair
garam, merica
100 gr keju parut

Cara Membuat:

Tumis bawang bombay dengan margarine sampai bawang layu, masukkan pala, daging giling. Tumis sampai daging matang.
Campur semua bahan scotel termasuk tumisan daging, aduk rata, jangan lupa...cicipi.
Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah di oles margarine,
Kukus selama 30 menit. sisihkan

Topping:

Cairkan margarine, masukkan terigu, aduk2 sampai rata, tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil di aduk cepat agar tidak mringkil. Masukkan garam dan merica.

Penyelesaian:

Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
Panggang dengan api atas selama 15 menit.

Paiton, 15 Agustus 2009
Updated: 11 Januari 2011

Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...