Sunday, August 16, 2009

Little Mermaids at the Ocean

Ini birthday cake pesanan teman untuk istri dan putrinya. Kebetulan keduanya berulang tahun di bulan yang sama. Pesannya: tidak mau coklat karena si kecil alergi coklat.

Untuk base cake aku pilihkan genoise cake (sponge cake) dengan rasa jeruk. Bahan-bahannya aku ambil dari buku Yasaboga, tapi berhubung aku menggunakan mixer Bosch yang kocokannya di tengah, sulit untuk bisa mengocok dengan sistem au bain marie (baskom adonan diletakkan di atas baskom lain yang berisi air hangat dan dikocok hingga mengembang, selanjutnya dipindah ke atas baskom berisi air dingin lalu dikocok lagi). Akhirnya aku akali dengan cara yang merendam telurnya dalam air hangat selama 5 menit. Untuk melembabkan aku menggunakan air jeruk, fillingnya selai jeruk Paletta.

Membuat cake dan mengoleskan buttercreamnya sendiri cepat. Yang lama adalah membuat figurine fondantnya. Semalaman aku berkutat dengan menggilas, mewarnai dan membentuk fondant. Bikin untuk satu cake aja lama ya, gimana tuh yang bikin sampai beratus2 cupcakes.

Hasilnya adalah seperti ini.



Happy Birthday ya. Semoga Tuhan memberkati kalian sekeluarga.

Paiton, 16 Agustus 2009

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...