Friday, July 17, 2009

Cheese Cream Brownies



Penasaran dengan rasanya, aku putuskan untuk bereksperimen dengan resep brownies panggang keju dari situs ini. Dari resep aslinya, adonan coklat aku kalikan dua (karena aku pake loyang 30 x 30 cm, aslinya loyang kotak 23 cm), sementara adonan keju krim tetap sesuai resep.

Cara membuat bropang ini cukup unik dan "merepotkan". Pertama, bagian dalam loyang HARUS dilapisi dengan aluminium foil, tidak boleh diskip atau diganti dengan kertas roti. Hal ini dikarenakan bropang ini memiliki tekstur yang agak lengket menyerupai melted brownies sementara bagian atasnya berupa krim lembut sehingga untuk mengeluarkan bropang ini dari loyang tidak bisa dengan cara dibalik, harus diangkat bersama dengan aluminium foilnya. Kedua, adonan bropang ini cenderung lengket bahkan setelah dimasukkan ke kulkas selama beberapa saat. Selalu siapkan serbet bersih yang dilembabkan di samping Anda ketika melakukan pemotongan kue. Adonan yang melekat di pisau akan merusak penampilan bropang yang akan disajikan. Ketiga, coklat harus benar2 coklat yang bermutu baik dan pahit, jangan disubstitusi dengan DCC yang mengandung gula. Jika "membangkang", bropang yang dihasilkan akan memiliki citarasa yang sangat manis. Keempat, gunakan gula kastor yang butirannya kecil (tapi jangan diganti gula halus).

Buat yang ingin mencoba, silakan lihat situs asli untuk versi bahasa Inggrisnya. Di bawah ini adalah versiku yang sudah disesuaikan untuk loyang besar. Maklum bakulan hehe. (st)


CHEESE CREAM BROWNIES
Original recipe: joyofbaking.com
Modified by: Shirley T



Bahan-bahan:
- Bahan A (Lapisan Coklat)

1 cup (226 gram) Butter
8 ounces (227 gram) Coklat pahit (tanpa pemanis), cincang kasar
2½ cup (500 gram) Gula pasir butiran halus, bila perlu blender dulu
2 sdt Ekstrak vanili
4 butir Telur ayam ukuran besar
1 cup (140 gram) Tepung terigu serba guna
1/2 sdt Garam

- Bahan B (Lapisan Keju)

8 ounces (227 gram) Cream cheese, biarkan pada suhu ruangan
1/3 cup (65 gram) Gula pasir
1 sdt Ekstrak vanili
1 buah Telur ayam ukuran besar

Cara membuat:

1) Lapisi semua sisi bagian dalam loyang ukuran 30 x 30 x 3 cm dengan aluminium foil. Tidak usah disemir dengan mentega / tepung.

2) Panaskan oven pada suhu 160 °C, siapkan rak tengah untuk tempat memanggang.

3) Dalam mangkuk stainless steel (tahan panas), lelehkan mentega dan coklat cincang di atas wadah berisi air hangat suhu 40 °C (jika tidak memiliki termometer, tanda air mencapai suhu 40 °C adalah munculnya gelembung di dasar wadah berisi air, belum sampai bergejolak / timbul banyak uap air). Jangan mencairkan mentega + coklat di atas air mendidih atau api yang menyala karena warna coklat akan menjadi jelek, tidak kilap. Aduk-aduk hingga cair benar, angkat.

4) Masukkan gula pasir halus dan ekstrak vanili, aduk hingga rata.

5) Masukkan satu telur, aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan telur satu per satu sampai telur habis. Pastikan adonan rata benar.

6) Masukkan garam dan terigu sedikit demi sedikit, aduk rata dengan sendok kayu (bisa juga dengan hand mixer kecepatan 1, tapi jangan dinyalakan terus menerus supaya adonan tidak mengembang menjadi bolu). Aduk hingga adonan menjadi rata, halus tidak bergerindil, kilap dan tidak menempel di sisi2 baskom kocok (kurang lebih 1-2 menit). Sisihkan ½ cup untuk dicampur belakangan. Tuang adonan coklat ke dalam loyang dan ratakan hingga ke sudut2nya menggunakan spatula.

7) Di wadah terpisah, kocok cheese cream (dengan hand mixer saja) yang sudah mencapai suhu ruangan hingga krim menjadi lembut dan mudah disatukan dengan bahan lain (tidak perlu sampai mengembang).

8) Masukkan gula, ekstrak vanili dan telur ke dalam adonan krim keju, kocok hingga tercampur rata (halus dan creamy).

9) Tuang adonan krim keju ini ke atas adonan brownies coklat, ratakan dengan spatula.

10) Untuk hiasan, ambil adonan coklat yang tadi disisihkan (½ cup) dengan sendok makan, tuang ke atas lapisan keju, kacaukan sedikit --jangan diaduk terlalu kuat-- hingga membentuk pola (bisa juga dimasukkan ke piping bag yang ujungnya dilubangi kecil, spuit ke atas adonan, bentuk polanya dengan tusuk gigi bersih).

11) Panggang selama 35 menit (aslinya 25 menit, di sini ditambahi karena lapisan coklatnya 2 kali resep aslinya). Lakukan tes tusuk. Ciri adonan yang sudah matang adalah sisi2nya mulai berubah warna, aluminium foilnya lepas dari sisi loyang. Bagian atas tidak perlu sampai coklat.

12) Dinginkan bersama2 dengan loyangnya. Setelah dingin, masukkan ke kulkas selama 2-3 jam. Jika sudah mengeras, keluarkan dari kulkas. Keluarkan brownies dari loyang dengan cara mengangkat aluminium foilnya. Potong2 sesuai selera (gunakan lap lembab untuk membersihkan pisau jika adonan menempel).

13) Hasil jadi: 25-30 potong.


Paiton, 17 Juli 2009


Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...