Saturday, July 18, 2009

Cheese Cakes: It's All About Presentation!

Sejak menonton VCD tentang "petit four", aku jadi makin menyadari betapa selera makan kerap dipicu oleh rangsangan visual. Meskipun bahan dalamnya sama, seseorang memilih slice A daripada slice B karena penampilan fisik yang menyenangkan. Seorang baker menghabiskan banyak waktu untuk membuat hiasan bagi karya kulinernya supaya sesuatu yang awalnya hanyalah telur-gula-tepung menjadi sesuatu yang layak untuk disajikan.

Sudah beberapa kali aku meladeni pesanan cheese cake dalam cup. Seluruh anggota keluargaku menyukainya, apalagi Naomi yang selalu menagih "jatah preman" barang 1 atau 2 cup. Nah, selama ini aku menggunakan strawberry-jeruk-kiwi-coklat untuk hiasannya. Lama lama kok jadi bosen ya. Gimana kalo mencoba desain yang berbeda? Hubby yang diajak konsultasi setuju dengan konsep satu resep beda topping. OK deh, tarik Mang!

Inilah penampakan cheese cake yang masih polos, sebelum dihias.



Untuk pesanan sejumlah 40 cup ini aku menggunakan 4 topping yang berbeda. Topping strawberry terdiri dari selai strawberry, whipcream non dairy, strawberry segar potong kualitas super dan coklat bentuk kupu2.



Topping jeruk terdiri dari selai aprikot, jeruk kupas kalengan super (aku pake merek SW mandarin orange, highly recommended, harganya sepadan dengan kualitasnya), whipcream dan coklat motif arabesque.



Topping green tea (maccha)
terdiri whipcream + green tea bubuk Taiwan dibentuk swirl, whipcream dan strawberry potong.





Terakhir, topping coklat untuk mereka yang tidak menyukai rasa buah-buahan terdiri dari whipcream, coklat bentuk lidah kucing, choco crunch, choco chip dan mesyes.



Seperti biasa, setelah baking dan dekor, bakul kuenya kehilangan nafsu untuk mencicipi. So akhirnya nyari-nyari info dari yang makan. Wah, katanya enak, manisnya nggak terlalu manis, presentasinya juga oke. Sekali makan langsung habis dua cup. Hwaaaa, jatah siapa yang kau makan, Say :))

So in culinary world, it's all about presentation!

Paiton, 18 July 2009
*siap2 untuk orderan berikutnya
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...