Saturday, December 5, 2015

Kanom Look Choup alias Buah Mini Thailand (with recipe)

Kanom Look Choup
Kanom Look Choup, atau bisa disingkat Look Choup saja
Cemilan ini sempat happening banget beberapa tahun yang lalu. Sampai-sampai, banyak orang memutuskan untuk mengikuti kursus supaya bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagi yang suka makan kue ku, onde-onde atau pia kacang ijo, kemungkinan akan suka juga dengan makanan ini karena menggunakan bahan dasar yang sama yaitu kacang hijau / kacang ijo kupas.

Ketika pertama kali membuat ini, kebetulan blender sedang rusak. Asistenku yang kreatif berusaha menghaluskan kacang ijo dengan cara .... diulek! Percayalah ketika kukatakan bahwa look choup yang dibuat dengan cara diulek itu tidak enak rasanya. Sudah terbukti. Kedua kalinya bikin, kacang ijonya diselep, alias dihaluskan dengan mesin. Cara ini juga ribet karena harus ke pasar dulu untuk cari tukang selep, lalu setelahnya kacang ijo harus direbus sampai lunak dan matang, baru bisa dipadukan dengan bahan yang lain.

Cara ketiga, dan cara yang benar, tentu saja dengan menggunakan blender. Ketika pakai blender, tentu saja memasak adonannya menjadi mudah dan menyenangkan. Apalagi setelah wajan teflon mini kami diganti dengan wajan teflon yang lebih besar, manuver sutil saat memasak juga jadi lebih bebas. Namun tetap ingat untuk melakukan langkah persiapan ya, yaitu merendam dan mengukus kacang ijo sebelum diolah lebih lanjut.

Resep yang saya pakai ini adalah hasil utak-atik dari beberapa resep yang ada di internet, termasuk di antaranya resep NCC. Setiap resep tentu saja mencantumkan takaran yang berbeda-beda sesuai dengan selera penulis resepnya. Namun setelah berkali-kali mencoba saya sampai pada kesimpulan cemilan ini cukup mudah, yang penting perbandingan antara kacang ijo, gula pasir dan santannya seimbang. Mencari keseimbangan ini bisa dilakukan dengan mencicipi rasa adonan saat adonan diolah di atas wajan. Penambahan esens dan minyak serta variasi jumlah cairan tidak terlalu berpengaruh karena tujuannya hanyalah agar adonan menjadi kalis dan licin serta mudah dibentuk (pliable). Jangan kuatir salah, karena adonannya pemaaf banget kok.

Ketika melakukan pembentukan, sebaiknya dilakukan secara cepat dan dijauhkan dari kipas angin. Alasannya supaya adonan tidak cepat kering dan retak. Selain itu cemilan ini menggunakan bahan santan, yang tentunya punya umur pendek saja, apalagi jika tidak disimpan di dalam kulkas.

Lalu soal pewarnaan. Adonan ini paling baik diwarnai dengan pewarna cair. Jika ingin warna yang pekat dan solid, celupkan adonan ke dalam mangkok kecil berisi pewarna atau sapu dengan kuas ukuran besar. Jika ingin warna yang agak tipis, gunakan kuas yang sudah dicelupkan pewarna lalu tepuk-tepukkan ringan ke adonan. Gunakan kuas ukuran kecil atau tusuk gigi untuk menggambar detil, seperti bagian samping belimbing atau bintik hitam pada semangka.

Orang bilang, tak kenal maka tak sayang. Aku bilang, kalau tidak dicoba maka selamanya akan penasaran. Jadi, silakan mencoba!

KANOM LOOK CHOUP
By: Dapur Solia

Kanom Look Choup
Bahan-bahan:
350 gram  Kacang ijo kupas, rendam selama 3-6 jam, lalu tiriskan dan kukus selama 20 menit atau hingga matang
320 gram  Gula pasir (aku kurang suka manis, jika ingin lebih manis bisa ditambah lagi gulanya)
400 ml  Santan matang kental (bisa pakai santan instan atau membuat sendiri)
6 sdm  Minyak sayur
½ sdt  Vanili bubuk atau pasta vanila cair

Untuk bahan celup:
400 ml  Air
1 bungkus (= 7 gram)  Agar-agar putih bubuk
50 gram (± 2 sdm) Gula pasir

Untuk menghias:
Pewarna sesuai selera (merah, jingga, kuning, hijau, ungu)
Air matang sedikit untuk mengencerkan pewarna (jika perlu)
Batang cabe besar / daun pandan yang dipotong kecil-kecil (untuk hiasan batang, opsional saja)

Alat:
Blender
Wajan teflon (pakai teflon supaya adonan tidak mudah lengket)
Sutil/ sendok kayu
Tusuk sate/ tusuk gigi yang bersih
Wadah kecil-kecil untuk menampung pewarna
Kuas besar dan kecil (bisa pakai kuas yang dipakai untuk memoles kue kering)
Styrofoam untuk menancapkan tusukgigi

Cara membuat:
- Blender kacang ijo kupas matang bersama santan. Hasilnya mirip seperti bubur yang encer
- Masak adonan encer ini bersama gula pasir hingga airnya menguap. Masukkan minyak sayur dan vanila. Aduk lagi sampai menjadi adonan yang licin dan kalis serta bisa dibentuk (± selama 20 menit dengan api sedang/ kecil). Dinginkan adonan.

Kanom Look Choup
Adonan yang dimasak dengan teknik yang benar jadinya akan "penurut" dan mudah dibentuk

- Bentuk adonan menjadi aneka buah dan sayuran mini (jeruk, manggis, apel, belimbing, semangka, strawberry, pisang, terong, wortel, cabai dsb). Tusuk dengan tusuk gigi, lalu tancapkan di styrofoam. Lanjutkan hingga adonan habis.
- Warnai adonan kacang ijo (hanya di bagian luarnya saja) dengan cara dicelupkan atau disapu dengan kuas yang sudah diberi pewarna. Beri detil sesuai kebutuhan.
Kanom Look Choup
- Buat cairan pencelup: masak air, agar-agar bubuk dan gula hingga mendidih. Jika nantinya adonan sudah menjadi terlalu kental, bisa dihangatkan kembali (cukup sampai hangat, tidak perlu dididihkan lagi)
- Celupkan buah mini yang sudah diwarnai ke adonan agar, tiriskan kelebihan agar-agar, keringkan di atas styrofoam. Jika dirasa perlu, bisa diulangi 2-3 x.
- Cabut dari tusuk sate, siap dikemas.
Hasil jadi: 40-50 buah, tergantung besar buah mini yang dibuat

Kanom look choup, atau disingkat look choup saja. Banyak juga yang menamai buah mini imitasi atau buah mini Thailand. Cemilan berbahan kacang hijau ini sangat populer karena bentuknya unik dan rasanya pun enak. Sayangnya karena bahan dasarnya mengandung s

Paiton, 5 Desember 2015
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...