Saturday, November 23, 2013

Bola-bola Ayam (with recipe)

Hai hai hai .... I'm back from the cave *big grin*

Menurut buku "Men Are From Mars, Women Are From Venus" yang biasanya menyepi ke gua itu kaum cowok. Yahhh, nggak papalah kalau sesekali cewek juga menyelinap ke gua hehe.

Well, itu hanya metafor ya. Yang terjadi adalah aku mengambil cuti baking selama 3 minggu. Cihuy nggak tuh. Mohon maaf kepada para kastamer yang tidak bisa dilayani selama 3 minggu terakhir ini ya.

Ngapain aja selama 3 minggu? Maunya sih produktif melakukan ini dan itu. The fact is, I was really enjoying my beauty sleep for 21 straight nights! Yea yea, my bad. No regrets, though. Tekanan darah balik normal tanpa obat, kulit juga berasa lebih kencang, plus quality time with the apple of my eye. Terima kasih Tuhan untuk kesempatan ini.

OK enough chit-chat. Kali ini aku ingin sharing resep super simpel untuk sebuah komponen dalam sup. Bukan resep supnya tapi resep bola-bola ayamnya. Aku sudah makan bola-bola ayam sejak zaman anak-anak karena ibuku adalah seorang "pendekar sup". Beliau bikin segala macam sup yang lezat mulai dari yang kuah encer sampai kuah kental, yang warna putih sampai warna merah, dari yang bening sampai butek, dan seringkali bola-bola ayam ini menjadi bagiannya.

Yang akan aku sharing ini versi yang lebih lembut dari bola-bola ayam yang biasa dibikin oleh ibuku. Kuncinya adalah penggunaan tepung sagu tani. Jika yang digunakan tepung terigu atau tepung tapioka, bola-bola ayam yang dihasilkan akan lebih kenyal.  

Here we go. (st)

BOLA-BOLA AYAM

Bola-bola Ayam  

Bahan:
250 gram  Dada ayam tanpa tulang
1 sdm  Tepung sagu tani
½ sdt  Garam (atau sesuai selera)
¼ sdt Merica bubuk

Cara Membuat:
1) Blender daging ayam hingga halus. Masukkan tepung sagu tani, garam dan merica. Blender lagi hingga tercampur rata.
2) Didihkan sepanci air (atau lebih baik lagi: kaldu). Bentuk bola-bola ayam dengan bantuan dua buah sendok, masukkan ke air mendidih. Tunggu hingga bola-bola ayam mengambang, angkat dan tiriskan.
3) Siap digunakan untuk campuran sup atau masakan lainnya sesuai selera.

Paiton, 23 November 2013
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...