Thursday, June 6, 2013

Empek-empek Adaan (with Recipe)

Hubby iseng beli ikan tenggiri lumayan besar, jadilah hari libur nasional ini kami bisa menikmati empek-empek adaan yang lezat. Resepnya hasil browsing di internet, kuah cukonya dari koleksi resep NCC.  

Empek-empek Adaan

Setelah difillet, ternyata dapatnya cuman 380 gram. OK nggak masalah, bikinnya 3/4 resep aja. Ternyata enakk, teksturnya empuk puk puk nggak pake alot. Rajangan bawang merahnya juga terasa banget, bikin gurih. Naomi dan teman-temannya juga suka, bolak-balik ke meja makan nyomotin sampai kekenyangan dan nggak kuat lagi makan nasi. Kalau emaknya sih dimakan sama nasi anget dan abon cabe hehe.

Empek-empek Adaan

Tertarik? Ini resepnya ya. (st)


EMPEK-EMPEK ADAAN
:: Resep: Ny. Liem

Empek-empek Adaan

Bahan:
500 gr Ikan tenggiri fillet (tanpa tulang),
100 ml Santan kental,
100 gr Bawang merah iris halus,
1 butir Telur,
2 buah Kuning telur,
15 gr Garam,
5 gr Penyedap rasa,
¼ sdt Merica bubuk,
250 ml Santan kental,
150 gr Sagu tani,
50 gr Tepung terigu

Cara Membuat:
1) Campur ikan tenggiri dan santan menjadi satu, kocok dengan mikser (bisa pake blender atau food processor) hingga rata dan lembut selama 5 menit.

Empek-empek Adaan

2) Masukkan bawang merah, telur, garam, penyedap rasa dan merica, kocok sambil tuang santan hingga tercampur rata
3) Masukkan sagu dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
4) Adonan dibentuk bulat-bulat (bagi yang nggak mau tangannya kotor bisa menggunakan dua buah sendok makan) lalu goreng dgn minyak panas sedang sampai kecoklatan.

Empek-empek Adaan

Kuah Cuko
:: Sumber: NCC

Bahan: 
1 kg Gula aren
2 ltr Air
10 bh Bawang putih
100 gr Cabe rawit
40 gr Garam
5 sdm Cuka (atau sesuai selera)
200 gr Asam jawa

Cara Membuatnya:
Masak semua bahan menjadi satu. Kemudian saring.
Catatan: untuk cukonya, bikin 1/4 resep saja sudah jadi banyak.


Empek-empek Adaan

Selamat menikmati!

Paiton, 6 Juni 2013
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...