Tuesday, June 25, 2013

Chicken Nugget Homemade (with Recipe)

Naomi lumayan suka makan nugget ayam. Sudah agak lama cari-cari resep chicken nugget homemade tapi kok nggak dapat yang citarasanya pas. Nah waktu Mbak Mia Indriasari sharing resep andalannya ini beberapa waktu yang lalu, aku nggak langsung nyoba. Baru saat liburan sekolah ini sempat, itu pun dibantu oleh asisten hehe *ngaku*

Chicken Nugget Homemade

Citarasanya oke, jauh lebih enak daripada resep yang dulu aku coba. Recommended lah. Pada dasarnya resep ini resep dasar dan masih bisa divariasi lagi, misal dikasih bumbu Itali, kejunya diperkaya dan lain sebagainya.

Buat Mbak Mia, terima kasih banyak untuk resepnya sekalian minta izin untuk repost. Semoga sharing ilmunya membawa pahala dan kebaikan. (st)

CHICKEN NUGGET SPESIAL
* Resep: Mia Indriasari milis NCC

Chicken Nugget Homemade

Bahan Nugget:
1 kg Dada ayam fillet
1 lembar Roti tawar kupas
125 ml Susu evaporated / tawar
1 butir Telor utuh
50 - 100 gram Keju cheddar (lebih banyak lebih enak), diparut
1 butir Bawang bombay ukuran sedang, dicincang halus
1 sachet (= 42 gram) Susu kental manis
30 gram Tepung maizena
50 gram Tepung sagu tani
½ sdt Oregano (atau sesuai selera)
2 sdm  Margarin untuk menumis
Lada sesuai selera
Gula pasir sesuai selera
Note by Shirley:  Garam sesuai selera

Bahan Celupan:
Putih telur
Bread crumb/ tepung roti yg kasar

Cara Membuat:
1. Rendam fillet ayam dengan susu selama kurang lebih 8 jam (bisa direndam sedari malam lalu pagi2 dibikin, simpan di wadah tertutup dan masukkan ke kulkas - chiller aja)
2. Blender fillet ayam, telor, roti tawar, garam, gula pasir dan susu bekas rendaman (Mb Mia: blendernya tidak sampai halus supaya masih terasa ayamnya). Sisihkan.
3. Tumis bombay cincang dengan margarin sampai harum, matikan, biarkan agak dingin.
4. Setelah dingin masukkan tumisan bombay, parutan keju, susu SKM, maizena, sagu tani, oregano, lada (pas di sini kalau kurang asin atau kurang manis bisa ditambah sesuai selera) ke adonan fillet tadi, aduk sampai benar2 rata (Mb Mia: rebus air sedikit, lalu ambil adonan sedikit lalu direbus, dicoba pas tidak asin manisnya hehe, setelah dirasa enak baru ke step no. 5)
5. Masukkan adonan ke loyang yang telah dialasi daun pisang atau kertas roti, kukus kurang lebih 40 menit (Mb Mia: pengukusnya tutupnya dibungkus kain serbet ya biar airnya tidak terlalu banyak netes ke adonan).
6. Keluarkan dari kukusan, balik adonan ke atas rak agar air dari kukusan keluar semua.
7. Hangat2 lepaskan adonan dari loyang, potong2 sesuai selera.
8. Biarkan sebentar/ masukkan ke kulkas agar adonan yang sudah dipotong mengeras. Celup dengan putih telur dan taburkan tepung roti kasar (Mb Mia: saya pake bread crumb mama suka), simpan di freezer.
9. Kalau mau dimakan langsung goreng aja  (Shirley: tidak perlu dithawing).

Chicken Nugget Homemade

Paiton, 25 Juni 2013
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...