Thursday, April 11, 2013

Wajan Kwalik a.k.a. Crepe Maker

CATATAN PENTING: Saya bukan penjual wajan kwalik. Sudah terlalu sering saya menerima telepon dan sms menanyakan barang ini. Ini adalah ulasan mengenai salah satu alat baking yang saya miliki, bukan dagangan saya. (Paiton, 27 Sep 2014)
-------------------------------

Pernah dengar istilah wajan kwalik

Dulu aku penasaran seperti apa sih wajan kwalik itu. Katanya pekerjaan bikin crepes atau kulit risoles jadi lebih mudah, hasil lebih tipis dan hemat bahan, intinya lebih bagus daripada membuat crepes dengan wajan teflon biasa. Kebetulan ada teman yang jual, maka aku beli 1.

Wajan Kwalik

Percobaan pertama: gagal total. Kulit amris jadi tebal sekali, nggak bisa digulung. Dari samping-samping wajan, adonan meleleh ke mana2. Pokoknya kacau dan berantakan.

Baru setelah aku lihat Inna Ahmad demo bikin kulit sosis solo, aku jadi ngeh. Dan sejak itu pekerjaan membuat crepes menjadi cepat dan menyenangkan.

Wajan Kwalik

Untuk Anda yang pemula, silakan mengikuti petunjuk berikut untuk menggunakan wajan kwalik Anda.

1) Siapkan resep crepe andalan Anda. Istirahatkan selama 10-15 menit. Tuang adonan ke loyang celup si wajan kwalik.
2) Siapkan wajan kwaliknya. Nyalakan api kompor, kecil saja.
3) Celupkan wajan kwalik ke adonan, tiriskan sesaat lalu letakkan di atas api kompor.
4) Jika ada lubang di kulit, celupkan sendok atau spatula dan tambal di tempat yang berlubang.

Wajan Kwalik

5) Jika sudah matang, kelupas crepe dengan ujung spatula dan letakkan crepe di wadah terpisah.


Wajan Kwalik

6) Ulangi langkah 3, 4 dan 5. Lakukan hingga adonan habis.

So ... entah itu membuat kulit pancake durian, crepe untuk mille crepes ataupun kulit risoles, jangan ragu-ragu memanfaatkan piranti dapur ini.

Paiton, 11 April 2013

1 comment:

ULIKA said...

mba wajan ini msh ada ga? hrganya brp yah

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...