Friday, February 22, 2013

Lemon Yoghurt Muffin (dengan resep)

Awal mula googling sih karena salah satu kastamer minta dibuatkan muffin rasa lemon. Resep ini bersumber dari tulisan seorang foodie blogger Singapore bernama Aunty Yochana namun aku justru menemukannya via blognya Rachel, rekan NCC juga.

Saat bikin pertama, sempat skeptis dengan hasilnya karena terlihat bantat dan mengkilap seperti permukaan apem. Plus, di luar perkiraan satu resep ternyata cuman dapat 4 cup muffin ukuran kecil. Gondok nggak tuh, kirain bisa dapat minimal 9 cup. Setelah sempat digeletakkan beberapa jam, akhirnya aku nyicip sebuah. Eh, lha kok enak! Ternyata penampilan yang seolah-olah bantat itu tipuan saja, dalamnya moist dan empuk. Harum dan citarasa lemon terasa, sedikit asam namun tidak berlebihan, menyatu dengan rasa manisnya. Enyak enyak enyak.

Akhirnya belanja yoghurt dan lemon lagi, lanjut bikin 3 resep buat memenuhi pesanan kastamer. Syukurlah sang kastamer sepakat dengan assessment-ku ^_^

Yang lagi nyari simple muffin dengan citarasa lemon dari buah asli, silakan mencoba resep ini. (st)

LEMON YOGHURT MUFFIN
:: Original recipe: Aunty Yochana, modified by Shirley

Lemon Yoghurt Muffin

Bahan2:
100 gram  Terigu protein sedang (Segitiga)
1 sdt  Baking powder
2 sdt  Air perasan lemon
½ sdt  Parutan kulit jeruk lemon (lemon zest)
100 gram  Yoghurt putih / plain
50 gram  Gula pasir
50 gram  Mentega / butter
1 buah  Telur utuh

Cara Membuat:
1) Mikser mentega dan gula pasir di dalam mangkok / baskom beling (stainless juga bisa) lalu letakkan mangkok / baskom di atas panci berisi air yang sudah dipanaskan sampai airnya sedikit bergelembung (tidak mendidih) --> double-boil over a pot of simmering water. Aduk dengan baloon whisker sampai tercampur rata. Dinginkan sedikit.

2) Ayak terigu bersama-sama dengan baking powder.

3) Tambahkan yoghurt, air lemon, parutan kulit lemon dan telur ke dalam adonan, aduk rata.

4) Masukkan terigu dan BP ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk balik.

5) Masukkan adonan ke dalam wadah muffin atau paper case (pakai sendok sayur atau piping bag).  Panggang pada suhu 180 °C selama 25 menit atau hingga matang.

6) Dinginkan di atas rak kawat.

Paiton, 22 Februari 2013
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...