Monday, April 2, 2012

Kenwood Bread Maker BM 200

Pas mudik Natal tahun 2011, kakak iparku yang tersayang menunjukkan bread makernya. Sudah lama mesin itu tidak dioperasikan dan beliau menanyakan apakah aku mau mewarisinya. Wahhh ya mau banget :)
01b
Memang sudah beberapa bulan aku ngebet punya bread maker. Penasaran bagaimana sih caranya bikin roti nggak pake capek. Apalagi di milis sudah beberapa kali ada yang sharing enaknya mencicipi roti homemade hangat. Makin penasaran deh. Jalan-jalan ke Giant Probolinggo cari merk Blue Sky (katanya ini bread maker yang paling murah dengan hasil lumayan) tapi nggak nemu. Belum kesampaian hunting ke tempat lain, sudah dapat warisan dari kakak. Merk Kenwood pulak, cihuyy! Mauliate godang, Edaku sayang.

Setelah dua bulan lebih tidak disentuh, aku coba2 cari user manual dan resep breadmaker tipe BM 200 ini dari internet. Aku dibantu oleh ci Lidia Sianturi yang memang sudah kawakan dalam menggunakan BM ini. Salah satu tips yang paling awal aku pelajari adalah: masukkan cairan (air atau susu) pertama kali ke bread pannya, lalu masukkan bahan2 lain sesuai dengan urutan di resep. Rupanya memang urutan ini sudah diatur sedemikian rupa sehingga kerja bread maker bisa optimum dan semua bahan bisa tercampur rata. Soalnya di salah satu percobaan, my lovely mom mencoba mengaduk adonan secara manual dengan tangan, ndilalah malah tepungnya nggak tercampur rata dan menghasilkan roti yang berbedak putih di sekujur bodynya hehehe * peace, Boss! :)
Bread maker ini  dirancang untuk menggantikan beberapa proses manual yang cukup melelahkan. Dia melakukan beberapa hal berikut: mencampur bahan, menguleni, mengembangkan adonan, dan memanggang. Masih ditambah dengan opsi untuk membuat adonan / dough untuk bikin donat, roti manis, roti Perancis, membuat selai dan lain sebagainya. Belum semua menu pernah aku praktekkan, kesanku sih memang canggih punya.

Ada dua belas menu yang tersedia. Arti dari tiap menu bisa ditebak-tebak sendiri kan?
My Breadmaker
WHITE:
(0) Extended Bake
(1) Regular
(2) Large
(3) Large Dark
WHOLE WHEAT:
(4) Regular
(5) Large
(6) Large Rapid
SPECIALITY:
(7) French
(8) Sweet
(9) Dough
(10) Cake/Quick Bread
(11) Jam
(12)  Rapid Cycle


Nah, soal kelistrikan, ini yang terbaca di bagian bawah bread makernya: 220-240 V-  50/60 Hz  613-730W.
 My Breadmaker
Semisal ada yang punya bread maker tipe BM 200 ini dan kehilangan manual atau resepnya, bisa buka link berikut:
http://kitchen.manualsonline.com/support/kenwood/bread-maker/siti-239878
http://kitchen.manualsonline.com/mdownloads/ba1e0793-b48f-4d1d-80d9-79ce1e25d44b.pdf

Untuk aneka resep roti dengan menggunakan bread maker ini, aku upload next time di posting terpisah aja. Harus diuji dulu di Dapur Solia :)

Note: Buat yang berniat membeli, tipe BM 200 sudah obsolete alias tidak dijual lagi. Silakan cek ke situsnya Kenwood untuk mengecek model yang terbaru. Per tahun 2012, model yang tersedia adalah BM 260, BM 366 dan BM 450 (yang terakhir ini full stainless steel).

Selamat bersenang-sebang dengan bread maker Anda!

Paiton, 2 April 2012
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...