Wednesday, March 7, 2012

Kroket Kentang Nyam-Nyam

Setahun terakhir ini aku beberapa kali dijadikan sie konsumsi oleh teman-teman persekutuan. Entah apa alasannya, aku juga nggak pernah nanya. Yang jelas aku yang sebelumnya nggak berpengalaman mengurusi makanan orang banyak, jadi kudu membuka jaringan dengan pengusaha katering dan pebisnis makanan lainnya.

Tanggal 14 Februari bertepatan dengan hari Valentine, teman-teman mengadakan kebaktian sekaligus pembubaran panitia Natal. Kembali aku ditunjuk untuk mengurusi konsumsi. Sempat terpikir untuk masak sendiri tapi kok ya pas berbenturan dengan jadwal orderan lain. Atas saran suami, aku fokus ke kue-kueannya saja, sementara makan besarnya (tumpeng) aku ambil dari tempat lain.

Untuk snack box, salah satu dari jajanan yang kupilih adalah kroket kentang. Cara membuatnya tidak sulit, namun rasanya lezat. Dinikmati dengan saus cuka atau cabe rawit, ahhh enak sekali.

Jika mau coba, silakan disimak resep berikut. (st)


KROKET KENTANG
:: Resep: Buku Kue-kue Indonesia oleh Yasa Boga ::
Kroket Kentang

Bahan kulit, aduk rata:
500 gram Kentang, kukus, haluskan (note: aku memilih digoreng spy tidak berair)
½ sdt  Garam
¼ sdt Pala bubuk
¼ sdt  Merica bubuk
1 sdm  Susu bubuk, jika suka

Bahan isi:
100 gram  Daging sapi cincang
1 buah  Wortel, potong dadu ½ cm
50 gram  Buncis, iris tipis
1 batang  Daun bawang, iris tipis (note: jangan di-skip)
2 buah  Bawang merah, haluskan
1 buah  Bawang putih, haluskan
½ sdt  Merica bubuk
1 sdm  Tepung terigu, cairkan dengan 2 sdm air, garam dan gula sesuai selera
50 gram  Tepung panir (note: aku pakai tepung panko)
1 butir  Telur, dikocok dengan 1 sdm air, untuk menggoreng (note: lebih bagus kalai yang dipakai putih telurnya saja)

Minyak untuk menggoreng
Cabe rawit (aku tambahkan karena sambal cukanya aku skip)

Cara Membuat:
1) Isi:  Dengan 2 sdm margarin, tumis bawang merah dan putih hingga harum, masukkan daging, wortel dan buncis. Aduk rata sampai air daging habis. Tambahkan 2 sdm air dan semua sisa bahan, aduk rata, kentalkan dengan tepung yang sudah dicairkan, aduk rata, angkat, dinginkan.

2) Kepal dan pipihkan 1-2 sdm adonan kentang, beri 1-2 sdt adonan isi. Rapatkan bentuk menjadi bulat lonjong. Masukkan dalam telur kocok, angkat, gulingkan dalam tepung panir. Goreng kecoklatan, tiriskan. Sajikan dengan sambal cuka.

Sambal Cuka
Bahan2:
50 gram  Kacang tanah goreng, haluskan
2 buah  Cabai merah
½ sdt  Garam
150 ml  Air
1 sdm  Cuka
2 sdm  Gula pasir

Cara membuat:
- Campur kacang tanah yang sudah dihaluskan, cabai merah dan garam.
- Campur rata dengan air, cuka dan gula pasir
- Didihkan, angkat dan dinginkan.

Paiton, 7 Maret 2012

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...