Thursday, February 16, 2012

Chiffon Pandan Cake

Pertama kali nyicip chiffon pandan waktu mengikuti kelas Food Photography di rumah Onny Asri. Yang bikin tak lain dan tak bukan Bu Fatmah sendiri. Sampe kaget waktu pertama kali mencicipi, kok lembut dan moist sekali ya. Nggak pake seret, waktu makan terasa meluncur di kerongkongan.

Umumnya orang yang pertama kali bikin chiffon terheran-heran dengan metode pemanggangan chiffon cake. Loyang tidak pake dipoles, suhu ovennya juga rendah, lalu setelah matang pake acara ditunggingkan / dibalik. Beda banget dengan resep bolu pada umumnya ya. Itulah istimewanya chiffon cake / kue sifon.

Resep di bawah ini aku dapat dari buku 60 Resep Cake & Cookies Anti Gagal NCC. Penasaran? Mareeee........ (st)

CHIFFON PANDAN CAKE
:: by Fatmah Bahalwan ::

Adonan Pasta:
50 gram  Gula pasir
20 gram  Susu bubuk full cream
20 gram  Maizena
140 gram  Terigu protein sedang
1 sdt  Baking powder double acting
100 ml  Minyak sayur
100 ml  Santan sedang
140 gram  Kuning telur
1 sdt  Pasta pandan

Adonan Putih Telur:
300 ml  Putih telur
150 ml  Gula pasir
½ sdt  Garam halus
1 sdt  Cream of tartar

Cara Membuat:
1) Panaskan oven suhu 150 °C. Siapkan loyang chiffon diameter bawah 20 cm. Jangan diolesi apa2.
2) Adonan pasta: Campur gula pasir, susu bubuk, tepung maizena, tepung terigu, dan BPDA. Lubangi tengahnya. Tuang telur di tengah, aduk searah dari arah dalam menggunakan whisker, sambil dituangi minyak sayur dan santan. Aduk hingga menjadi adonan pasta halus. Masukkan pasta pandan, aduk rata.
3) Adonan putih telur: Kocok putih telur, gula pasir, garam dan cream of tartar hingga soft peak.
4) Campurkan adonan putih telur ke dalam adonan pasta, aduk perlahan dengan whisker hingga rata. Tuang ke dalam loyang chiffon.
5) Panggang kurang lebih 90 menit hingga matang dan kokoh (jika ditekan permukaannya kembali membal).
6) Keluarkan loyang berisi kue dari oven. Panas-panas, balikkan loyang, bisa disangga dengan botol atau disangga kaki-kaki loyang chiffonnya sendiri (tergantung model loyang chiffonnya). Biarkan dalam keadaan terbalik hingga dingin.
7) Jalankan pisau tipis di sekeliling loyang dengan gerakan lurus. Lepaskan bagian tengah kue dengan menggunakan tusuk sate. Balik kue ke atas piring saji. Potong2 menggunakan pisau gergaji.
8) Sajikan.

Catatan: Malas atau nggak sempat bikin sendiri? Chiffon cake adalah salah satu dagangan Dapur Solia. Bagi pelanggan daerah Paiton / Probolinggo yang berminat, bisa loh pesan.  Hubungi email dapur.solia@gmail.com, HP 0811354270, via BB (pin by request) atau tinggalkan pesan di Facebook
Chiffon Pandan Kenari
Salam manis ....... xoxoxo.


Paiton, 16 Februari 2012
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...