Friday, September 30, 2011

KBB # 25: Scone

Untuk Klub Berani Baking, Happy 4th Birthday. Proud to know all the wonderful ladies here. Hip hip hoorayyy untuk kita semua.

Agak grogi dengan tantangan KBB kali ini. Sebelumnya aku pernah bikin scone dari buku resepnya Primarasa dan hasilnya agak keras. Enak, tapi agak keras. Lagipula aku belum pernah makan scone yang sesungguhnya, jadi kurang yakin bagaimana tekstur yang benar.
Untuk kali ini, aku mengambil resep yang disirkulasi di milis KBB. Meskipun baking powder yang digunakan cukup banyak (6 sendok teh!) dan tanpa gula secuil pun hasilnya ternyata tidak pahit. Hubby suka dengan rasanya yang seperti gabin.

Karena citarasanya yang cenderung plain / tawar, scone ini paling cocok dinikmati dengan selai dan clotted cream. Jika suka, adonan terigu bisa ditambahi kurma cincang, kismis, atau sultana sebanyak 3/4 cup untuk 1 resep di bawah ini. (st) 

SCONE
:: Recipe by Edmonds Cookery Book, NZ ::
Scone

Bahan2:
Untuk  12 potong
3 cup  Tepung terigu
6 sdt  Baking powder
¼ sdt  Garam
75 gram  Mentega
1 - 1½ cup  Susu segar (aku pake 1½ cup dan hasilnya lembek, sepertinya 1¼ cup leboh oke)
Ekstra susu untuk polesan

Cara membuat:

1) Ayak tepung, baking powder dan garam ke dalam mangkuk.



2) Masukkan mentega dan remas hingga berbutir2 seperti remah roti (aku pake pastry knife).
Scone

3) Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Catatan: karena adonanku kebanyakan cairan, jadinya agak lengket2.
Scone

4) Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Iris menjadi 12 potongan yang sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scone dengan yang lainnya. Catatan: aku pake loyang 50 x 50 cm, ditaburi sedikit tepung, tidak dipoles lemak ataupun dilapisi kertas roti.
Scone

5) Olesi susu segar di atas scone. Catatan: lagi2 karena adonanku terlalu lembek, polesan baru aku bubuhkan menjelang scone matang.

6) Panggang dengan oven 200 °C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan. Catatan: di sini aku membuat kesalahan. Aku menggunakan suhu panggang 180 °C selama 30 menit.
Scone

7) Sajikan dengan clotted cream dan selai serta teh susu.
Scone

Update 1 Oktober 2011:
Udah dapat logo lulusnya. Makasihhhh.


Paiton, 30 September 2011

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...