Saturday, February 12, 2011

How to Use FMM Alphabet & Number Cutter Set

Dari pengalaman, cetakan huruf yang paling sering ditanyakan orang karena bentuknya menarik adalah FMM Cutter Set. Utamanya yang seri klasik, memberi kesan rapi dan elegan.
Ketika pertama kali beli cutter ini, aku ingat langsung semangat untuk nyoba. Begitu dipakai, semuanya lengket! Padahal sudah pake taburan tepung maizena. Duh, langsung mau marah2 aja. Sms ke Monica, dia bilang coba datang ke tempat dia sambil bawa segumpal fondant. Wah, berarti harus nunggu kalo ke Surabaya dong. Kelamaan nih, dah nggak sabar.

Bagaimana kok akhirnya aku ngerti cara makenya? Rupanya di kemasan cutter set ini, sudah ada petunjuk penggunaannya (pakai Bahasa Inggris). Biasanya kalo beli sesuatu, entah elektronik, obat, HP, atau apa pun, aku selalu membaca dulu manualnya sampai habis. Kali itu aku nggak sabar. Berhubung kepepet dan nggak ada yang bisa bantu, akhirnya aku bongkar2 dan ketemulah selembar kertas karton warna merah. Ternyata cara makainya gampang banget.
Buat yang "malas" membaca petunjuknya, bisa melihat step-by-stepnya di bawah ini. (st)

CARA MENGGUNAKAN FMM CUTTER SET
:: by Shirley Theresia ::
(1) Ambil segumpal rolled fondant (sugar paste) yang sudah diwarnai sesuai kebutuhan. Gilas sampai tipis sekali (lebih tipis dari menggilas fondant untuk cover cake). Taburi dengan sedikit tepung maizena supaya fondant tidak lengket ke alas, rolling pin, ataupun ke cutter.

Catatan: di petunjuknya FMM disebutkan tanda fondant sudah cukup tipis adalah jika fondant yang sudah digilas itu diletakkan di atas kertas yang ada tulisannya, maka tulisannya sampai menerawang melalui fondant itu.
(2) Potong memanjang fondant yang sudah digilas itu kira2 selebar 2,5 cm menggunakan FMM Cutter yang polos (lihat gambar pertama dari posting ini, item paling bawah, yang berbentuk "penggaris"). Kalau aku sendiri sih biasanya memanfaatkan penggaris besi untuk memotong fondant ini.
(3) Letakkan fondant yang sudah dipotong dengan posisi memanjang ke bawah (vertikal).
(4) Posisikan FMM cutter secara mendatar (horizontal), lalu mulai mencetak. Setiap kali selesai mencetak satu karakter, gerakkan cutter sedikit ke kiri dan ke kanan supaya nanti mudah dilepas.
(5) Setelah selesai mencetak, kelupas bagian2 yang tidak diinginkan. Biarkan huruf2 tetap terletak di tempatnya supaya tidak berubah bentuk.
 
(6) Gunakan fondant tool untuk membuang sisa2 fondant yang tidak diinginkan dan merapikan bentuk huruf. Lebih bagus lagi jika punya art knife yang tajam ujungnya. Biarkan sampai kering dan kaku, maka huruf2 dan angka2 tersebut siap untuk digunakan.
Mudah kan ......
Paiton, 11 Februari 2011
Post a Comment
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...